Keterampilan berpikir kreatif merupakan kecakapan hidup yang dibutuhkan dan perlu dikembangkan untuk memperkaya dan memperdalam pengalaman belajar serta mempersiapkan peserta didik agar menjadi pribadi yang mandiri sehingga mampu mengambil keputusan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan berpikir kreatif dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas menggunakan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing karena dengan menerapkan model pembelajaran ini siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses mengeksplorasi dan memberdayakan kemampuan berpikir mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis guided inquiry yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pteridophyta. penelitian ini dilaksanakan dalan dua tahap, meliputi tahap persiapan dan tahap penerapan. pada tahap persiapan dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis guided inquiry mengikuti model pengembangan 4-D dan dilanjutkan dengan tahap kedua, yakni tahap penerapan perangkat pembelajaran menggunakan rancangan one group pretest-posttest. Data hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: hasil validasi perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, LKPD, dan tes keterampilan berpikir kreatif dinyatakan sangat valid dengan masing-masing perolehan skor 3,65; 3,83; dan 3,5 dengan reliabilitas sebesar 88,6%; keterlaksanaan kegiatan pembelajaran telah terlaksana dengan sangat baik dengan perolehan rata-rata sebesar 90,9%, respon siswa yang menunjukkan respon positif terhadap perangkat pembelajaran dan komponen guided inquiry yang dapat dicapai siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan perolehan presentase rata-rata sebesar 83,5%; dan nilai tes keterampilan berpikir kreatif siswa yang mencapai kenaikan dari sebelum dan setelah pembelajaran dengan skor n-gain 0,43 yang tergolong dalam kategori sedang. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada materi pteridophyta layak digunakan dalam pembelajaran untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA
Kata-kata kunci: perangkat pembelajaran, guided inquiry, pteridophyta, keterampilan bepikir kreatif.
Creative thinking skills are life skills that are needed and need to be developed to enrich and deepen the learning experience and prepare students to become independent individuals so they are able to make decisions to solve problems in their life. Creative thinking skills can be applied in classroom learning using guided inquiry-based learning because can be actively involved in the process of exploring and empowering their thinking abilities. The study aims to produce a valid, practice, and effective guided inquiry based learning tools to train students’ creative thinking skills on Pteridophyta material. This research was conducted in who stage, including the preparation phase and the implementation phase. In the preparation phase, the development of guided inquiry based learning tools follows the 4-D models and continued with the second stage, namely the stage of implementing learning tools using one group pretest-posttest design. The results of the research data were obtained as follows: the results of the validation of the learning tools which include lesson plans, worksheet, and creative thinking skills tests were declared very valid with each score of 3.65, 3.83, and 3.50 with a reliability of 88.6%. The implementation of learning activities have been carried out very well with an average acquisition of 90.9%. Student responses that showed positive responses to the learning tools and to the guided inquiry component that students could achieve after participating in learning with the acquisition of an average percentage of 83.5, and the test scores of students creative thinking skills that reached an increase from before and after learning with an N-Gain score of 0.43, which in classified in the medium category. Based on the data analysis, it can be concluded that the learning tools developed on Pteridophyta material are appropriates for use in learning to train creative thinking skills of student high school.
Key words: Learning tools, guided inquiry, Pteridophyta, creative thinking skills.