Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir ilmiah dan pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan penilaian kinerja berbasis laboratorium pada materi gelombang cahaya di SMA Negeri 1 Kandat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan penilaian kinerja berbasis laboratorium dengan subjek uji coba tiga kelas yaitu kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, dan XI MIPA 4. Desain pembelajaran yang digunakan adalah one grup pretest posttest design dengan satu kelas sebagai eksperimen dan dua kelas replikasi. Perlakuan yang dilakukan pada ketiga kelas sama. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran dan metode tes untuk mengetahui keterampilan berpikir ilmiah dan pemahaman konsep peesrta didik. Diperoleh hasil keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan penilaian kinerja berbasis laboratorium telah terlaksana dengan baik dengan rata-rata hasil penilaian kinerja tinggi sebesar 82,09% pada pertemuan pertama dan 89,62% pada pertemuan kedua. Hasil penilaian keterampilan berpikir ilmiah berdasarkan nilai pretest dan posttest mengalami peningkatan dengan nilai n gain rata-rata sebesar 0,48 pada kategori sedang. Pada ketiga kelas terjadi peningkatan secara signifikan dan konsisten dengan nilai F sebesar 0,38. Sedangkan keterampilan berpikir ilmiah berdasarkan nilai LKPD mengalami peningkatan dengan nilai n gain rata-rata sebesar 0,67 pada kategori sedang. Pada ketiga kelas terjadi peningkatan keterampilan bepikir ilmiah secara signifikan dan konsisten dengan nilai F sebesar 0,02. Pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan dengan nilai n gain rata-rata sebesar 0,59 pada kategori sedang. Peningkatan pemahaman konsep pada ketiga kelas mengalami eningkatan secara signifikan dan konsisten dengan nilai F sebesar 0,33.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing dengan Penilaian Kinerja Berbasis Laboratorium, keterampilan Berpikir Ilmiah, Pemahaman Konsep.
This research aims to describe the improvement of scientific thinking skills and concepts understanding of the students after applied to the guided inquiry learning model with performance assessment based laboratory on the light wave material at SMA Negeri 1 Kandat. Research conducted using a type of quantitative descriptive research with the subject of research is guided inquiry learning model with performance assessment based laboratory with a three-class trial subject of Class XI MIPA 1, XI MIPA 2, and XI MIPA 4. The learning design is one group pretests posttest design with one class as experiment and two replication classes. The treatment is done in all three classes alike. Methods of collecting data using observation methods to measure the implementation of learning and test methods to know the skills of scientific thinking and understanding of student concepts. Obtained by the results of the implementation of the guided inquiry learning with performance assessment based laboratory has been carried out well with the average performance assessment result is high on 82.09% at the first meeting and 89.62% at the second meeting. The scientific thinking skills in pretests and posttest value increased with an average n gain value of 0.48 in the medium category. In all three classes there was a significant increase and consistent with the F value of 0.38. While scientific thinking skills based on the value of LKPD experienced an increase with an average n gain value of 0.67 in medium category. In the three classes, there was an increase in scientific thinking skills significantly and consistent with F value of 0.02. the concepts of understanding of learners experienced an increase with an average n gain value of 0.59 in the medium category. The increased concept of understanding in all three classes was significantly enhanced and consistent with the F value of 0.33.
Key words: Guided inquiry by performance assessment based laboratory, scientific thinking skills, concept of understanding.