Dampak Meningkatnya Kompetensi Dosen dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi dosen dan
motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada jurusan
pendidikan ekonomi angkatan 2017 Universitas Negeri Surabaya. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif. Responden sebanyak 167
mahasiswa. Hasil menunjukan komptensi dosen dan motivasi belajar
berpengaruh posisitf dan signifikan baik secara parsial maupun simultan
terhadap prestasi belajar mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
prestasi belajar yang tinggi dapat diperoleh dengan cara meningkatkan
motivasi belajar mahasiswa sendiri sebagai faktor internal serta kompetensi
yang dimiliki dosen juga membantu meningkatkan prestasi belajar dari sisi
eksternal, sehingga kedua faktor tersebut harapannya dapat membantu
mahasiswa mencapai prestasi belajar yang tinggi.
The purpose of this study was to determine the effect of lecture competence
and learning motivation on the learning achievement of 2017 Economics
Education Department Student at State University of Surabaya. This research
is an associative quantitative research. Respondents were 167 students. The
results of this research indicate lecturer competence and learning motivation
have a positive and significant effect either partially or simultaneously on
student learning. The conclusion of this study is that high learning
achievement can be obtained by increasing the student's own learning
motivation as an internal factor and the competence possessed by the
lecturers also helps improve learning achievement from the external side, so
that the two factors are expected to help students achieve high learning
achievement.