PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK UMKM BATIK SMALB SISWA BUDHI
PACKAGING DESIGN OF BATIK SISWA BUDHI MICRO, SMALL, MEDIUM ENTERPRISES PRODUCT
Pertumbuhan UMKM berperan penting dalam meningkatkan perekonomian, dengan adanya UMKM dapat memberikan kesempatan kerja yang inklusif bagi penyandang disabilitas. Batik Siswa Budhi yang bertempat di Kelurahan Gayungan merupakan salah satu UMKM yang memberdayakan tenaga kerja disabilitas. Batik Siswa Budhi kebanyakan memproduksi batik dengan corak khas Surabaya seperti corak daun semanggi dan corak bunga bungur. Jangkauan pasar Batik Siswa Budhi masih terbatas, sehingga perlu dilakukan peningkatan kualitas produk melalui desain kemasan. Sebelumnya Batik Siswa Budhi sudah memiliki kemasan batik dengan media standing pouch transparan dan diberi stiker label, namun berdasarkan hasil observasi dan wawancara kemasan tersebut belum optimal dan efektif. Batik Siswa Budhi memerlukan desain kemasan yang menarik dan informatif. Masalah tersebut melatarbelakangi dalam melakukan perancangan ini yang bertujuan untuk menghasilkan konsep perancangan desain kemasan Batik Siswa Budhi yang menarik, informatif, dan memberikan pengalaman baru bagi konsumen.Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dan menggunakan design thinking yang terdiri dari; empathize, define, ideate, prototype, dan testing sebagai metode perancangan. Perancangan ini menghasilkan kemasan softbox dengan dimensi ukuran 10 cm x 10 cm x 25 cm dengan struktur prisma segi enam, menampilkan visual dari corak Batik Siswa Budhi, dan menampilkan berbagai informasi terkait dengan produk. Media pendukung dari perancangan ini berupa label, gantungan kunci, hardbox, dan photobook yang menjadi penunjang media utama sebagai strategi pemasaran.
The growth of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) plays a significant role in enhancing the economy by providing inclusive employment opportunities for people with disabilities. Batik Siswa Budhi, located in Gayungan, is one such MSME that empowers disabled workers. Batik Siswa Budhi primarily produces batik with distinctive Surabaya patterns, such as the cloverleaf pattern and the bungur flower pattern. However, the market reach of Batik Siswa Budhi remains limited, necessitating product quality improvement through packaging design. Previously, Batik Siswa Budhi used transparent standing pouches with label stickers as packaging. Based on observations and interviews, this packaging has not been optimal or effective. Batik Siswa Budhi needs packaging designs that are attractive and informative. This issue underpins the effort to create a packaging design concept for Batik Siswa Budhi that is engaging, informative, and provides a new consumer experience. The method used in this research is qualitative and employs design thinking, which consists of empathize, define, ideate, prototype, and testing as the design process. The design resulted in a softbox package with dimensions of 10 cm x 10 cm x 25 cm and a hexagonal prism structure, featuring visuals of Batik Siswa Budhi patterns and presenting various product-related information. Supporting media for this design include labels, keychains, hardboxes, and photobooks to complement the main media as a marketing strategy.