Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang meliputi kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan serta profil konsepsi terhadap LKPD yang dikembangkan dengan strategi pembelajaran PDEODE pada materi perkembangan teori atom untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa kelayakan LKPD yang dikembangkan pada aspek kevalidan pada kriteria isi memperoleh persentase sebesar 92,86%, sedangkan pada kriteria konstruk 87,96%. Pada aspek kepraktisan menunjukkan persentase aktivitas peserta didik secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 92%, sedangkan respon peserta didik 95,14%. Pada aspek keefektifan ditinjau dari hasil belajar peserta didik menunjukkan secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 0,93 dengan kategori tinggi. Profil konsepsi pada tiap konsep ditinjau dari proporsi reduksi miskonsepsi yang secara keseluruhan memperoleh kriteria tinggi, tetapi pada konsep model atom Rutherford memperoleh nilai paling rendah dari seluruh konsep dengan proporsi reduksi sebesar 0,48 dikategorikan sedang.
This paper aims to know the eligibility including validity, effectivity, practicability and profile conception of the worksheet that has been developed with PDEODE learning strategy in reducing students’ misconceptions in the matter of development of atomic theories. This research using R&D design. The study showed that eligibility of worksheet in the validity aspects namely content and construct accompanied by about 92,86% and 87,96% respectively. In practicability aspect showed that overall student’s activity gives 92%, while response of student gives 95,14%. In addition, term of effectivity which is supported by an increase in student’s learning outcome evidenced by n-gain score 0,93 with high-category. Overall profile conception in the term of proportion of misconception reduction in each concept reached a high-category, however the concept of Rutherford’s model atom still in a middle-category with proportion of misconception reduction 0.48.