Pengembangan Media Busy Book dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun
Development Of Busy Book Media In Improving Language Ability In Children Aged 5-6 Years
ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Nama : Sri Dwi Ningsih
NIM : 19010684003
Program Studi : S-1
Jurusan : PG-PAUD
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Nurul Khotimah, S. Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan bahasa anak yang belum sesuai dengan standar tingkat perkembangan anak usia 5-6 tahun. Saat anak melaksanakan pembelajaran anak cenderung tidak memperhatikan guru dan memiliki kosa kata yang rendah yang menyebabkan kemampuan bahasa pada anak rendah. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan penggunaan media busy book dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan data angket serta pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Uji coba produk akan diberikan kepada 19 anak yang berusia 5-6 tahun. Media busy book merupakan bentuk modifikasi dan kombinasi dari metode bercerita dan lembar kerja anak (LKA) di desain sesuai dengan alur cerita yang telah dibuat. Kalimat cerita pada media busy book menggunakan kalimat yang sederhana. Media busy book juga yaitu memiliki ukuran A3, alur cerita yang sederhana, ilustrasi gambar yang mendukung, gambar ekspresi wajah sesuai dengan cerita, dan memiliki warna yang cerah. Media busy book juga memiliki beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan ke anak terkait isi cerita media busy book. Kelayakan produk dapat dilihat dari hasil penelitian instrumen ahli materi dengan presentase 92%, sedangkan ahli media memperoleh presentase 92,5%, maka hasil penilaian instrumen dinyatakan sangat layak digunakan untuk pembelajaran. Hasil uji efektifitas menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada perbedaan rata-rata antara pretest dengan posttest sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media busy book “Anak Cerdas Membuang Sampah pada Tempatnya” efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia 5-6 tahun.
Kata kunci: Anak Usia dini, busy book, kemampuan bahasa
ABSTRACT
DEVELOPMENT OF BUSY BOOK MEDIA IN IMPROVING LANGUAGE ABILITY IN CHILDREN AGED 5-6 YEARS
Name : Sri Dwi Ningsih
Study Program : S-1
Department : PG-PAUD
Faculty : Faculty of Education
Name of Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd.
The background of this research is that children's language skills are not yet in accordance with the standard developmental level of children aged 5-6 years. When children carry out learning, children tend not to pay attention to the teacher and have a low vocabulary which causes low language skills in children. The purpose of this development research is to determine the feasibility and effectiveness of using busy book media in improving language skills in children aged 5-6 years. This research uses the type of development research with the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data collection techniques using questionnaire data as well as pretest and posttest. Data analysis techniques in this study are qualitative and quantitative. Product trials will be given to 19 children aged 5-6 years. Busy book media is a modified form and combination of the storytelling method and children's worksheets (LKA) which are designed according to the storyline that has been made. Story sentences in busy book media use simple sentences. Busy book media also has A3 size, simple storyline, supporting illustrations, pictures of facial expressions according to the story, and bright colors. The busy book media also has several questions that can be asked to children regarding the contents of the busy book media story. The feasibility of the product can be seen from the research results of the material experts' instruments with a percentage of 92%, while media experts obtain a percentage of 92.5%, the results of the assessment of the instrument are stated to be very suitable for use in learning. The results of the effectiveness test using the Wilcoxon test show that Asymp.Sig (2-tailed) has a value of 0.000 <0.05 then Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is an average difference between the pretest and posttest so that it can be concluded that the use of the busy book media "Children Smart Dispose of Garbage in its Place” is effectively used to improve language skills in children aged 5-6 years.
Keyword: busy book, early childhood, language skills