PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI KARAWITAN BERBASIS PROYEK DI SDN SATU ATAP 2 DONGKO KABUPATEN TRENGGALEK
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah dan hasil pembelajaran berbasis proyek dalam proses pelaksaan ektrakurikuler seni karawitan di SDN Satu Atap 2 Dongko. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada narasumber dan studi dokumentasi yang dimiliki oleh sekolah. Tindakan analisis dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang diperoleh menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek dalam ektrakurikuler seni karawitan ini menggunakan tahapan yang sesuai dengan kurikulum 2013. Untuk menunjang model pembelajaran tersebut guru menggunakan metode pembelajaran seperti metode ceramah, drill dan demontrasi guna menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Hasil pembelajaran tersebut dapat dikatakan berhasil. Terbukti dengan hasil perolehan nilai ketrampilan peserta didik yang mendapatkan nilai diatas rata-rata. Sejumlah 47,82% peserta didik memperoleh nilai 80, sebanyak 39,13% memperoleh nilai 82-84, dan 13,04% memperoleh nilai 85-86. Hasil pembelajaran ini juga berpengaruh terhadap sikap sosial peserta didik seperti kedisiplinan peserta didik terhadap waktu dan peraturan yang ada. Melalui kegiatan ekstrakurikuler ini juga memberikan hasil yang baik dalam hal prestasi, terbukti dengan hasil kejuaraan dan penghargaan yang diraih oleh ektrakurikuler seni karawitan ini.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, ekstrakurikuler, karawitan
ABSTRACT
The objectives of this study are to know the steps and outcomes of project-based learning in the process of implementating extracurricular musical arts at SDN Satu Atap 2 Dongko. The research method used is qualitative. The data was collected through interview with respondens and study documentation owned by the school. The analysis is carried out in three stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The validity of the data obtained using triangulation of sources and techniques. Based on the results and discussion of research, in the implementation of project-based learning in extracurricular musical arts using stages based on written in the 2013 curriculum. To support this learning model, teacher uses learning methods such as lecture, drill and demonstration to create effective and efficient learning. The learning process is success. It is proven by the results of the acquisition of students' skill scores is above average. 47.82% students is scored 80, 39.13% is scored 82-84, and 13.04% scored 85-86. The results of this learning process affect students’ social attitudes such as discipline towards time and existing regulations. Through this extracurricular activity, it also gives good results in terms of achievement, as many of championships and awards are achieved by extracurricular of musical arts.