KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN
MATHEMATICAL CONNECTION ABILITY OF STUDENTS IN SOLVING MATHEMATICAL PROBLEMS IN TERMS OF GENDER
Kemampuan koneksi matematis adalah salah satu kemampuan yang diperlukan dalam memecahkan masalah matematika. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan koneksi matematis siswa, di antaranya adalah jenis kelamin. Perbedaan jenis kelamin memungkinkan adanya perbedaan kemampuan koneksi matematis setiap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah menengah pertama dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari jenis kelamin. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa kelas 9 SMP dengan berjenis kelamin perempuan dan laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Siswa laki-laki pada tahap memahami masalah menyebutkan/menuliskan unsur-unsur yang diketahui dan yang ditanya. Pada tahap menyusun rencana siswa laki-laki menghubungkan semua konsep-konsep yang diketahuinya sehingga bisa dibuat untuk menyelesaikan masalah. Pada tahap melaksanakan rencana siswa laki-laki menuliskan langkah-langkah dalam menemukan jawaban dengan menghubungkan konsep yang satu dengan konsep yang lain. Pada tahap memeriksa kembali siswa laki-laki menjelaskan hasil kesimpulan dan menulisnya di lembar jawaban. (2) Siswa perempuan pada tahap memahami masalah, menuliskan unsur-unsur yang diketahui dan yang ditanya. Pada tahap menyusun rencana, siswa perempuan berdasarkan konsep yang sudah dikumpulkan, menghubungkan konsep yang satu dengan konsep yang lainnya. Pada tahap melaksanakan rencana, siswa perempuan menuliskan secara rinci, terstrukur, dan sistematis langkah-langkah penyelesaian dalam menghubungkan antar konsep. Pada tahap memeriksa kembali siswa perempuan telah melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil jawabannya serta menyimpulkan hasil pengerjaannya dan menuliskan di lembar jawaban
Mathematical connection ability is one of the abilities needed to solve mathematical problems. There are several factors that can affect students' mathematical connection abilities, one of them is sexs difference. It allows for differences in the mathematical connection ability of each student. This research is a qualitative descriptive study which aims to describe the mathematical connection ability of junior high school students in solving math problems in terms of sexs. The research subjects consisted of one male and one female of junior high shool students grade 9. The results showed that : (1) Male students are at the stage of understanding the problems mentioned / known and asked. At the stage of compiling a plan, male students connect all the concepts they know so that they can be made to solve problems. At the stage of carrying out the students the steps in finding answers with concepts that are connected to other concepts. In the re-examination stage, male students explain the results of the research and write them on the answer sheet. (2) Female students are at the stage of understanding the problem, which is unknown and what is being asked. At the planning stage, students based on the collected concepts, connect one concept to another. At the planning stage, female students describe detailed, structured, and systematic completion steps in a concept. In the re-examination stage, female students have reviewed the results of their answers and concluded the results of their work and reports on the answer sheets.