STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU DI SD MUHAMMADIYAH 24 SURABAYA
MARKETING STRATEGIES TO IMPROVE QUALITY At SD MUHAMMADIYAH 24 SURABAYA
ABSTRAK
STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU
DI SD MUHAMMADIYAH 24 SURABAYA
Nama : Achmad Zainuri Arif
NIM : 17070845030
Prodi : S2 Manajemen Pendidikan
Program : Pascasarjana
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : (1) Dr. Soedjarwo, M.S,
(2) Dr. Erny Roesminingsih, M.Si
Tantangan dunia pendidikan yang semakin semakin kompleks ditambah kompetisi yang semakin ketat mendorong sekolah untuk terus melakukan perbaikan dan pengembangan diri. Termasuk yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah 24 Surabaya. Di tengah kondisi sekolah yang pernah akan ditutup, citra sekolah yang kurang bagus dan fasilitas yang terbatas menyebabkan kualitas sekolah rendah dan jumlah siswa sedikit. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, SD Muhammadiyah 24 Surabaya kemudian melakukan strategi pemasaran melalui rebranding untuk meningkatkan mutu demi peningkatan kualitas dan jumlah siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pemasaran yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah 24 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif melalui studi kasus SD Muhammadiyah 24 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh SD Muhammadiyah 24 Surabaya adalah sebagai berikut. Pertama, strategi rebranding yang dilakukan SD Muhammadiyah 24 Ketintang di antaranya: 1) perubahan kepemimpinan, 2) perubahan logo dan nama yang lebih simpel, 3) memperkuat brand sekolah karakter, dan 4) memperluas segmentasi market. Kedua, strategi komunikasi yang dilakukan SD Muhammadiyah 24 Surabaya untuk melakukan rebranding antara lain: 1) iklan rebranding melalui flayer atau gambar di media sosial, 2) promosi kegiatan sekolah di spanduk sekolah, 3) pencetakan kalender dan brosur, 4) komunikasi langsung ke wali murid dan masyarakat terkait kegiatan sekolah, 5) komunikasi wali murid melalui foswam, 6) publikasi melakui berita online, media cetak, media elektronik, 7) melakukan promosi dan potongan harga serta beasiswa, 8) melakukan kunjungan ke TK Aisyiyah dan TK lainnya.
Ketiga, strategi untuk membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan di SD Muhammadiyah 24 Surabaya yaitu: 1) meningkatkan mutu lulusan, 2) meningkatkan fasilitas yang dimiliki, 3) meningkatkan pelayanan kepada siswa dan orang tua, 3) melakukan koordinasi rutin dengan orang tua, dan 4) memberikan bantuan.
Kata Kunci: SD Muhammadiyah 24 Surabaya, Strategi Pemasaran, Peningkatan Mutu.
ABSTRACT
MARKETING STRATEGIES TO IMPROVE QUALITY
At SD MUHAMMADIYAH 24 SURABAYA
Name : Achmad Zainuri Arif
Study Program : Master of Education Management Graduate program
Institution Name : Surabaya State University
Supervisor : (1) Dr. Soedjarwo, M.S.,
The challenges of the increasingly complex world of education coupled with increasingly fierce competition encourage schools to continue to make improvements and self-development. Including what was done by SD Muhammadiyah 24 Surabaya. In the midst of the condition of schools that were about to be closed, the poor image of the school and limited facilities caused the quality of schools to be low and the number of students to be small. To solve this problem, SD Muhammadiyah 24 Surabaya then carried out a marketing strategy through rebranding to improve quality for the sake of increasing the quality and number of students.
The purpose of this study was to describe the marketing strategy carried out by SD Muhammadiyah 24 Surabaya. The research method used is qualitative research through a case study of SD Muhammadiyah 24 Surabaya. The results of the study indicate that the marketing strategy that has been carried out by SD Muhammadiyah 24 Surabaya is as follows. First, the rebranding strategy carried out by SD Muhammadiyah 24 Ketintang included: 1) leadership changes, 2) changes to simpler logos and names, 3) strengthening the character school brand, and 4) expanding market segmentation. Second, the communication strategies carried out by SD Muhammadiyah 24 Surabaya to carry out rebranding include: 1) rebranding advertisements through flayers or images on social media, 2) promoting school activities on school banners, 3) printing calendars and brochures, 4) direct communication with guardians. students and the community related to school activities, 5) communication with parents through Foswam, 6) publications through online news, print media, electronic media, 7) promotions and discounts and scholarships, 8) visits to Aisyiyah Kindergarten and other Kindergartens.
Third, the strategies to build customer trust and loyalty at SD Muhammadiyah 24 Surabaya are: 1) improving the quality of graduates, 2) improving the facilities owned, 3) improving services to students and parents, 3) conducting routine coordination with parents, and 4 ) provide assistance.
Keywords: SD Muhammadiyah 24 Surabaya, Marketing Strategy, Quality Improvement.