Himne Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Timur: Analisis Struktur Wacana
State College Hymn in East Java: Analysis of Discourse Structure.
ABSTRAK
Parto. 2020. Himne Perguruan Tinggi di Jawa Timur: Analisis Struktur Wacana. Disertasi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., dan Pembimbing (II) Prof. Dr. Kisyani, M.Hum.
Kata-kata Kunci: himne, analisis struktur wacana, struktur makro, superstruktur, struktur mikro.
Penelitian ini bertujuan mengkaji struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro himne perguruan tinggi negeri di Jawa Timur yang meliputi aspek semantik, sintaksis, stilistika, dan retorika.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan data berupa lirik himne perguruan tinggi negeri di Jawa Timur. Lirik himne tersebut dijelaskan secara detil untuk menjawab fokus penelitian, kemudian dianalisis untuk mencapai tujuan penelitian. Penguraian melalui deskripsi mendalam dan menyeluruh diharapkan mampu mencapai tujuan penelitian, yaitu mendeskripsikan dan menemukan struktur wacana himne perguruan tinggi melalui struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Penelitian kualitatif menekankan pada proses pengkajian secara induktif, dimulai dari melihat dan mengkaji fenomena-fenomena, kemudian menyimpulkannya. Himne dikaji secara induktif untuk menemukan pemaknaan yang utuh pada himne perguruan tinggi di Jawa Timur.
Data penelitian ini adalah lirik lagu himne perguruan tinggi negeri di Jawa Timur. Sumber data himne tujuh perguruan tinggi negeri di Jawa Timur. Pemilihan tujuh perguruan tinggi negeri di Jawa Timur didasarkan pada alasan bahwa cara penciptaan himne perguruan tinggi memiliki kemiripan sehingga hasil kajian ini bisa menjadi acuan dalam pemaknaan himne perguruan tinggi secara umum. Proses penganalisisan data dalam penelitian ini dilakukan dimulai setelah data terkumpul yaitu dengan melakukan proses klasifikasi data yang diperoleh dari dokumentasi. Untuk menjawab fokus penelitian, maka seluruh data yang diperoleh disusun dan diidentifikasi. Setelah proses identifikasi selesai, kemudian dipilah-pilah, diklasifikasi, dan dikodifikasi. Setelah tahap tersebut selesai maka dilakukan kategorisasi sesuai dengan fokus penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) himne perguruan tinggi negeri di Jawa Timur memiliki kemiripan dalam struktur makronya, yaitu bertemakan pujian atau pemujaan, (2) superstruktur atau struktur skematik himne perguruan tinggi negeri di Jawa Timur diawali dengan penamaan atau judul himne yang serupa, yaitu diawali dengan kata hymne dan diikuti nama lembaga; secara umum bentuk himne dibuat dalam bait-bait layaknya sebuah syair lagu atau puisi; namun, antara perguruan tinggi yang satu dengan perguruan tinggi yang lain, bentuk himnenya bervariasi baik dalam jumlah bait maupun barisnya, (3) secara semantik himne perguruan tinggi umumnya mengarahkan khalayak pada suatu opini bahwa perguruan tingginya patut dipuji dan dibanggakan, (4) berdasarkan kohesi himne perguruan tinggi negeri di Jawa Timur, umumnya uraian himne terkait dengan judul, baik uraian secara keseluruhan maupun uraian perbagian atau perbait, bahkan tiap baris dalam himne perguruan tinggi negeri di Jawa Timur mengacu atau diarahkan pada lembaga yang namanya disebutkan di dalam judul; berdasarkan koherensi, himne perguruan tinggi negeri di Jawa Timur umumnya memperlihatkan uraian himne yang terkait antara satu dengan yang lainnya, baik antarbaris dalam satu bait maupun antara bait yang satu dengan bait yang lainnya; keterkaitan yang ada pada himne perguruan tinggi negeri di Jawa Timur lebih kepada keterkaitan makna; dari segi bentuk kalimat, himne perguruan tinggi negeri di Jawa Timur cenderung menggunakan kalimat-kalimat panjang, akan tetapi dipenggal-penggal menjadi baris-baris yang seolah-olah tampak sebagai kalimat-kalimat; bentuk lain yang tampak dalam himne perguruan tinggi negeri di Jawa Timur adalah variasi bentuk kalimat aktif dan pasif, (5) diksi dalam teks lagu himne perguruan tinggi negeri di Jawa Timur layaknya lagu-lagu pada umumya sangat mementingkan keselarasan bunyi bahasa atau menekankan rima dan persajakan terutama diksi di akhir baris, keselarasan bunyi dalam himne perguruan tinggi tidak hanya pada kata terakhir setiap baris dalam satu bait tetapi juga antarkata dalam satu baris, dan (6) himne-himne perguruan tinggi negeri di Jawa Timur cenderung menggunakan bahasa yang sederhana, namun dari hasil analisis ditemukan beberapa gaya bahasa; gaya bahasa yang digunakan dalam himne perguruan tinggi negeri di Jawa Timur terutama adalah hiperbola, methapora, personifikasi, pleonasme, anapora, dan simbolik.
Berdasarkan temuan hasil penelitian dan uraian simpulan di atas, ada beberapa saran yang perlu disampaikan sebagai berikut: (1) lembaga-lembaga perguruan tinggi yang belum memiliki himne sebaiknya menciptakan himne sebagai identitas dan kebanggaan sivitas akademikanya, (2) himne yang dimiliki sebuah perguruan tinggi sebaiknya sesuai dengan makna penciptaan himne, yaitu bertemakan pujian atau pemujaan, (3) dalam penciptaan himne perguruan tinggi, pencipta himne perguruan tinggi sebaiknya memahami visi dan misi perguruan tinggi, sehingga himne perguruan tinggi merupakan penciri yang khas di setiap perguruan tinggi, (4) bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini bisa bisa ditindaklanjuti dengan mengkaji himne dari fokus kajian yang lain.
ABSTRACT
Parto. 2020. State College Hymn in East Java: Analysis of Discourse Structure. Dissertation, Language and Literature Education Study Program, Postgraduate Program, Surabaya State University. Advisor (I) Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., and Advisor (II) Prof. Dr. Kisyani, M.Hum.
Key words: hymn, discourse structural analysis, macro structure, superstructure, micro structure.
This study aims to examine the macro structure, superstructure, and microstructure of hymns in East Java universities which include aspects of semantics, syntax, stylistics, and rhetoric.
This research is conducted using a qualitative descriptive approach by describing the data in the form of hymn lyrics from universities in East Java. The lyrics of the hymn are explained in detail to answer the research focus, then analyzed to achieve the research purpose. Describing through in-depth and thorough descriptions is expected to be able to achieve the research purpose by describing and finding the discourse structure of the college hymn through micro, superstructure and macro structures. Qualitative research emphasizes the recitation process inductively, started from seeing and studying phenomena, then concluding them. The hymn is studied inductively to find a complete meaning at the state college hymns in East Java.
The data of this research are college hymn song lyrics. The sources of hymn data are from seven state universities in East Java. The selection of seven state universities in East Java is based on the reason that the ways in which college hymns are created having similarities so that the results of this study could become a reference in the meaning of tertiary hymns in East Java generally. The process of analyzing the data in this study is carried out started after the data is collected by carrying out the process of classifying data obtained from documentation. To answer the research focus, all the data obtained are compiled and identified. After the identification process completed, then those are sorted and classified. After this stage is complete, categorization is carried out according to the focus of the study.
Based on the results of data analysis, it can be concluded that (1) college hymns in Indonesia have similarities in their macro structure in the theme of praise or worship, (2) the superstructure or schematic structure of college hymns in Indonesia begins with a similar naming or title of the hymn, which begins with the hymn word followed by the name of the institution; in general the form of the hymn is made in stanzas like a poem; however, between one university and another, the forms of the hymn vary both in the number of stanzas and lines, (3) semantically state college hymns in East Java generally lead the audience to an opinion that universities should be praised and proud, (4) in terms of the cohesiveness of state college hymns in East Java, generally the hymn descriptions are related to the title, either a comprehensive description or a section or a line description, even each line in the hymn of college in Indonesia refers to or directed at the institution that its name is mentioned in the title; In terms of coherence, college hymns in Indonesia generally show descriptions of hymns that are related to one another, between lines in one stanza or between one stanza to others; the linkages that exist in the state college hymns in East Java are more about meaning; in terms of sentence form, college hymns tended to use long sentences, but they are broken up into lines that seemed to appear as sentences; Other forms that appear in state college hymns in East Java are variations of active and passive sentence forms, (5) diction in the text of college hymn songs like general songs are very concern with the harmony of the sounds of the language or emphasizing rhyme especially diction at the end of the line, which the harmony of the sounds in college hymns is not only in the last word of each line in one stanza but also between words in one line, and (6) state college hymns in East Java tend to use simple language, but the results of the analysis show several language styles; the language styles used in college hymns are mainly hyperbole, metaphorical, personified, pleonasmic, anapore, and symbolic.
Based on the findings of the research results and the description of the conclusions above, there are several suggestions that need to be conveyed as follows: (1) college institutions should have their institution's hymn song as part of the identity symbol of the pride of their academicians, (2) a hymn that belongs to a university should be in accordance with the meaning of the creation of a hymn, which is on the theme of praise or worship, (3) the academic community of a university should ideally know, understand, and appreciate the meaning of the text of its college hymn, (4) for next researchers, the results of this study can be followed up by examining hymns from another focus of study.