ABSTRAK
IMPLEMENTASI PROGRAM SIM SAMSAT TERMINAL (+) KERTAJAYA MOJOKERTO SATLANTAS POLRES MOJOKERTO KOTA
(STUDI PADA PELAYANAN PERPANJANGAN MASA BERLAKU SIM)
Nama : Dini Winantasari
Nim : 15040674086
Program Studi : S1 Ilmu Administrasi Negara
Jurusan : Administrasi Publik
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Tjitjik Rahaju, S.Sos., M.Si.
Sebagai badan penegak hukum, Kepolisian Reosrt Mojokerto Kota khususnya pada Satuan Lalu Lintas Polres Mojokerto Kota menyediakan suatu program layanan dalam hal Registrasi dan Identifikasi SIM (Reg Ident SIM). Salah satunya dalam program yang dinamakan “SIM SAMSAT Terminal (+) Kertajaya Mojokerto” yang di dalamnya terdapat pelayanan perpanjnagan masa berlaku SIM yang diperuntukkan bagi masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Mojokerto Kota yang bertempat di Kompleks Terminal Kertajaya Mojokerto. Adanya program tersebut diharapkan agar masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Mojokerto Kota dapat lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan layanan perpanjangan masa berlaku SIM agar tidak sampai telat dalam memperpanjang masa berlaku SIM-nya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian yang digunakan adalah variabel komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan masih terbilang kurang dalam hal penyampaian informasi yang dilakukan oleh pelakasana program kepada kelompok sasaran karena masih ada masyarakat yang belum mengetahui tentang adanya program tersebut disamping itu menyebabkan pelayanan yang cenderung sepi. Sumber daya manusia dalam pelaksanaan pelayana perpanjangan masa berlaku SIM pada program SIM SAMSAT Terminal (+) Kertajaya Mojokerto dari segi jumlah petugas sudah cukup. Fasiltas dan sarana prasarana yang mendukung pelaksanaan program dirasa sudah cukup baik namun masih ada yang kurang dalam hal pengadaannya serta alat yang belum terintegrasi secara online menyebabkan pelayanan perpanjang masa berlaku SIM hanya bisa untuk wilayah hukum Polres Mojokerto Kota saja. Untuk aspek disposisi, sikap yang diberikan oleh implementor sudah cukup baik, dan dalam hal insentif yang diberikan kepada implementor berupa pelatihan tentang pelayanan publik sebagai peningkatan kemampuan petugas. Sedangkan dalam pelaksanaan pelayanan perpanjangan masa berlaku SIM pada program SIM SAMSAT Terminal (+) Kertajaya Mojokerto ada sedikit perbedaan dengan mekanisme yang ada dalam SOP yaitu tidak adanya pengisian form Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) untuk masyarakat pengguna layanan. Saran dari peneliti yaitu perlu diadakannya sosialisai yang banyak melibatkan masyarakat secara langsung, perlu diadakan tinjauan ulang terkait pemilihan lokasi pelaksanaan program, serta segera menindaklanjuti terkait pengajuan alat SIM secara online,diharapkan untuk segera melengkapi sarana prasarana pendukung.
Kata Kunci: Implementasi, Perpanjangan, SIM
ABSTRACT
IMPLEMENTATION OF SIM SAMSAT TERMINAL (+) KERTAJAYA MOJOKERTO SATLANTAS POLRES MOJOKERTO KOTA
(STUDY ON SIM APPLICATION EXTENSION SERVICES)
Name : Dini Winantasari
Study Program : S1 Public Administration
Department : Public Administration
Faculty : Faculty of Social Science and Law
Name of Institution : State University of Surabaya
Supervisor : Tjitjik Rahaju, S.Sos., M.Si.
As a law enforcement agency, the Mojokerto City Social Service Police, especially at the Mojokerto City Police Traffic Unit, provides a service program in terms of SIM Registration and Identification (SIM Identification). One of them is in a program called "SIM SAMSAT Terminal (+) Kertajaya Mojokerto" in which there is an extension service for the validity period of a SIM that is intended for the community in the Mojokerto City Police jurisdiction located in the Kertajaya Terminal Complex in Mojokerto. The existence of the program is expected so that the people in the jurisdiction of the Mojokerto City Police Station can be easier and faster in obtaining the validity period of the SIM service so they will not be late in extending their SIM validity period.
This research uses descriptive research with a qualitative approach. The focus of the research used is variable communication, resources, disposition, and bureaucratic structure. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation.
The results showed that there was still less in terms of the delivery of information carried out by program implementers to the target groups because there were still people who did not know about the existence of the program besides causing services that tended to be quiet. Human resources in implementing the SIM extension service for the SIM SAMSAT Terminal (+) Kertajaya Mojokerto program in terms of the number of officers are sufficient. Facilities and infrastructure that support the implementation of the program are considered to be quite good, but there are still less in terms of procurement and tools that have not been integrated online causing the service to extend the validity period of the SIM only to the jurisdiction of the Mojokerto City Police Station. For the disposition aspect, the attitude given by the implementor is quite good, and in terms of incentives given to the implementor in the form of capacity building, it is quite good. Whereas in the implementation of the SIM extension service for the SIM SAMSAT Terminal (+) Kertajaya Mojokerto program there is little difference with the existing mechanism in the SOP, namely the absence of the Community Satisfaction Survey (SKM) form for the service user community. Suggestions from researchers are that there is a need for a socialization that directly involves the community directly, it is necessary to conduct a review regarding the location of the program implementation, and immediately follow up regarding the submission of SIM devices online,expected to immediately complement supporting infrastructure.
Keywords: Implementation, Extension, SIM