MANAJEMEN KEUANGAN DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN KEUANGAN MADRASAH STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH 1 ANNUQAYAH GULUK-GULUK SUMENEP
FINANCIAL MANAGEMENT IN AN EFFORT TO REALIZE FINANCIAL INDEPENDENCE IN MADRASAH CASE STUDY IN MADRASAH TSANAWIYAH 1 ANNUQAYAH GULUK-GULUK SUMENEP
Junaidi. 2024. Manajemen Keuangan Dalam Upaya Mewujudkan Kemandirian Keuangan Madrasah (studi Kasus MTs 1 Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep). Tesis, Program Studi S 2 Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Bambang Sigit Widodo, M. Pd., dan (II) Dr. Muhammad Sholeh, S. Pd, M. Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen keuangan dalam upaya mewujudkan kemandirian keuangan madrasah (studi kasus di madrasah Tsanawiyah (MTs) 1 Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep) manajemen keuangan yang dimaksud mencakup : (1) Perencanaan keuangan, (2) Pelaksanaan keuangan, (3) Evaluasi dan Pengawasan keuangan (4) kemandirian Keuangan, dan (5) Usaha-usaha dalam mewujudkan kemandirian pendanaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Kepala sekolah, Pengelola Keuangan, dan komite sekolah adalah subjek penelitian. Untuk mengumpulkan data, digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di MTs 1 Annuqayah, Tahap-tahap manajemen keuangan sudah berjalan secara sistematis dan baik hal ini bisa kita lihat dari pengelolaannya sebagai berikut: (a) Perencanaan_penganggaran (Budgeting) penyusunan rencana Kegiatan Tahunan (RKT) dan rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM), (b) Pelakasanaan (Accounting) atau yang di kenal dengan pembukuan dan pelaporan, dalam pembukuan mencatat dana pendidikan yang diterima dan dana pendidikan yang di keluarkan kedalam buku kas tunai, (c) Evaluasi keuangan (Accounting), berupa pengawasan dan, pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah setiap bulan, sedangkan pemeriksaan dilakukan dua arah oleh pihak internal dan oihak eksternal. (d) Kemandirian pendanaan dengan mencari sumber dana pendidikan lain dari selain dana bantuan pemerintah yaitu dengan mendirikan kantin dan koperasi sekolah, (e) usaha-usaha dalam mewujudkan kemandirian madrasah dengan mengelola manajemen keuangannya yang profesional, selain itu meningkatkan budaya kewirausahaan di MTs 1 Annuqayah.
Kata Kunci: Manajemen, Keuangan Pendidikan, Kemandirian
Junaidi. 2024. Financial Management in Efforts to Achieve Madrasah Independence (A Case Study of MTs 1 Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep). Thesis, Magister Program in Educational Management, Faculty of Education, Universitas Negeri Surabaya. Advisors: (I) Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd., and (II) Dr. Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd.
This study aims to explore the financial management strategies employed to achieve financial autonomy in madrasahs, focusing on a case study at Madrasah Tsanawiyah (MTs) 1 Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep. The financial management processes examined include: (1) Financial planning, (2) Financial implementation, (3) Financial evaluation and supervision, (4) Financial independence, and (5) Efforts to enhance funding autonomy.
Using a qualitative descriptive approach, the research subjects include the headmaster, financial administrators, and the school committee. Data were collected through observation, interviews, and documentation, and analyzed using descriptive methods. The findings indicate that the financial management processes at MTs 1 Annuqayah are systematic and well-executed, highlighted by the following: (a) Planning (Budgeting) involves the preparation of an Annual Activity Plan (RKT) and a Madrasah Activity and Budget Plan (RKAM), (b) Implementation (Accounting) focuses on meticulous bookkeeping and transparent reporting, where all educational funds received and expended are recorded in cash books; (c) Financial evaluation (Accounting) entails regular monthly supervision by the headmaster and dual-direction audits conducted by both internal and external parties, (d) Funding autonomy is pursued by generating income beyond government assistance, such as through the operation of school cafeterias and cooperatives, and (e) Efforts to foster madrasah independence are strengthened by professional financial management and cultivating an entrepreneurial culture at MTs 1 Annuqayah.
Keywords: Management, Educational Finance, Independence