PENGEMBANGAN BOGADOKU (BOARD GAME DOL TINUKU) UNTUK MENANAMKAN NILAI WIRAUSAHA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
DEVELOPMENT OF BOGADOKU (DOL TINUKU BOARD GAME) TO INVILL ENTREPRENEURIAL VALUES IN CHILDREN AGED 5-6 YEARS
ABSTRAK
Nama : Nihayatul Muna
NIM : 17010684049
Prodi : Pendidikan Guru pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Mallevi Agustin Ningrum, S.Pd., M.Pd.
Masalah utama dalam penelitian ini adalah anak kurang tertarik dengan pembelajaran yang mengembangkan tentang nilai kewirausahaan khususnya dalam hal mandiri dan bertanggung jawab dan masih ada beberapa anak yang belum mampu menerapkan sikap mandiri dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media Bogadoku untuk menanamkan nilai wirausaha pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Validator pada penelitian ini adalah 2 orang ahli (ahli materi, ahli media dan desain pembelajaran). Subjek uji coba terbatas pada penelitian ini adalah anak TK usia 5-6 tahun dengan jumlah keseluruhan 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar instrument penilaian. Hasil dari pre-test dan posttest dihitung menggunakan uji normalitas wilcoxon Test. Hasil penilaian para ahli memperoleh nilai 84% dari ahli media, dari ahli materi mendapatkan nilai sebesar 78%. Berdasarkan hasil efektivitas didapatkan signifikansi 0,005 < 0,05 maka hal tersebut menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Bogadoku efektif digunakan untuk menanamkan nilai wirausaha pada anak usia 5-6 tahun.
Kata Kunci : Taman Kanak-Kanak, Nilai Wirausaha, Media Pembelajaran
ABSTRACT
Name : Nihayatul Muna
Study Program : Early Childhood Teacher Education
Faculty : Faculty of Education
Institution : Surabaya State University
Supervisor : Mallevi Agustin Ningrum, S.Pd., M.Pd.
The main problem in this research is that children are less interested in learning that develops entrepreneurial values, especially in terms of independence and responsibility and there are still some children who are not yet able to implement an independent and responsible attitude. This research aims to determine the feasibility and effectiveness of Bogadoku media to instill entrepreneurial values in children aged 5-6 years. The method used in this research is the Research and Development method. ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The validators in this research were 2 experts (material experts, media and learning design experts). The limited test subjects in this study were kindergarten children aged 5-6 years with a total of 10 children. The data collection technique used is an assessment instrument sheet. The results of the pre-test and posttest were calculated using the Wilcoxon Test of normality. The results of the expert assessment obtained a score of 84% from media experts, and material experts received a score of 78%. Based on the effectiveness results, it was found that the significance was 0.005 <0.05, so this shows that there is a significant difference between the pretest and posttest. So it can be concluded that Bogadoku media is effectively used to instill entrepreneurial values in children aged 5-6 years.
Keywords: Kindergarten, Entrepreneurial Values, Learning Media