HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN KONTROL DIRI DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH
RELATIONSHIP BETWEEN PARENTS' SOCIAL SUPPORT AND SELF-CONTROL WITH STUDENT DISCIPLINE IN THE SCHOOL ENVIRONMENT
Setiap peserta didik yang memiliki kedisiplinan akan dapat mengendalikan dirinya maupun tingkah lakunya. Kedisiplinan merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan,keteraturan, ataupun ketertiban. Faktor yang dapat memengaruhi kedisiplinan siswa yakni dukungan sosial dari orang tua dan kontrol diri. Perhatian dari orang tua bukan hanya sebatas uang ataupun materi, namun bentuk perhatian, kepekaan, dan adanya pengakuan akan eksistensinya dari orang disekitarnya. Dan kontrol diri merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam mengendalikan emosi negatif yang timbul dalam dirinya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang hubungan antara kontrol diri dan dukungan sosial orang tua dengan kedisiplinan siswa di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif menggunakan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster rundom sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasional berganda dan menggunakan analisis regresi multiples. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dan kedisiplinan dengan signifikasi 0,057. Yang kedua terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan kedisiplinan siswa dengan nilai signifikasi 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,533. Hasil yang ketiga terdapat hubungan yang sinifikan antara dukungan sosial orang tua dan kontrol diri dengan kedisiplinan siswa secara stimulan (bersama – sama) dengan hasil f hitung sebesar 13,689 > 3,128 (f tabel). Diketahui juga bahwa hasil R square adalah 0,284 yang dapat disimpulkan bahwa besar hubungan dukungan sosial orang tua dan kontrol diri terhadap kedisiplinan siswa yaitu sebesar 0,284 atau 28,4 %. Sedangkan sisanya sebesar 71,6% kedisiplinan siswa dipengaruhi oleh faktor yang lain.
Kata Kunci: Kedisiplinan Siswa, Kontrol Diri, Dukungan Sosial Orang Tua
Every student who has discipline will be able to control himself and his behavior. Discipline is a condition that is created and formed through the process of a series of behaviors that show the values of obedience, obedience, loyalty, order, or order. Factors that can affect student discipline are social support from parents and self-control. Attention from parents is not only limited to money or material things, but a form of attention, sensitivity, and recognition of their existence from those around them. And self-control is the ability possessed by a person in controlling the negative emotions that arise in him. So this study aims to examine the relationship between self-control and social support of parents with student discipline in the school environment. The method used is a quantitative method using a correlational research type.sampling technique used cluster random sampling. The data analysis technique used in this study is multiple correlation and multiples regression analysis. The results of the data analysis showed that there was no significant relationship between parental social support and discipline with a significance of 0.057. Secondly, there is a significant relationship between self-control and student discipline with a significance value of 0.000 and a correlation coefficient of 0.533. The third result is that there is a significant relationship between parental social support and self-control with stimulant student discipline (together) with the result of f count of 13.689 > 3.128 (f table). It is also known that the R square result is 0.284 which can be concluded that the relationship between parents' social support and self-control on student discipline is 0.284 or 28.4%. While the remaining 71.6% of student discipline is influenced by other factors.
Keywords: Student Discipline, Self-Control, Parents' Social Support