EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT
Perkembangan pendidikan saat ini dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi serta komunikasi. Salah satu teknologi informasi yang turut berperan dalam dunia pendidikan yaitu pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring pada materi persamaan dan fungsi kuadrat. Keefektifan pembelajaran daring ditinjau dari empat aspek, yakni: kegiatan guru, kegiatan peserta didik, ketuntasan belajar peserta didik, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran. Suatu pembelajaran dikatakan efektif jika paling sedikit tiga dari empat aspek di atas terpenuhi, dengan ketentuan aspek ketuntasan belajar peserta didik terpenuhi. Learning Management System (LMS) yang digunakan untuk penelitian ini adalah Google Meet, Google Classroom, dan Google Jamboard. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yakni peserta didik kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 2 yang terdiri dari 35 peserta didik yang diambil secara acak dari seluruh peserta didik kelas XI SMK Negeri 2 Tulungagung. Setelah penelitian ini dilakukan maka dapat disimpulkan pembelajaran daring pada materi persamaan dan fungsi kuadrat dikatakan tidak efektif karena tidak tuntasnya hasil belajar peserta didik dan kurang positifnya respon peserta didik terhadap pembelajaran. Perihal ini diakibatkan bermacam aspek, antara lain minimnya uraian yang komprehensif serta sederhana dari guru karena pada penelitian ini guru menjelaskannya terlalu panjang sehingga peserta didik kesulitan memahami materi yang diberikan dan diperlukan menggunakan media yang menarik untuk belajar mandiri seperti video pembelajaran dan game matematika, rendahnya aspek afektif serta psikomotorik pada pembelajaran dimana peserta didik kesulitan dalam mengerjakan tes hasil belajar, sinyal internet, rendahnya atensi peserta didik terhadap pembelajaran daring, serta pembelajaran daring belum diterapkan sepenuhnya di sekolah.
Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran, Daring.
The development of education is currently influenced by the rapid advancement of information and communication technology. One of the information technologies that play a role in the world of education is online learning. This study aims to determine the effectiveness of online learning on equation materials and quadratic functions. The effectiveness of learning is reviewed from four aspects, including: teacher activities, student activities, students' learning completion, and students' response to learning. A learning is said to be effective if at least three of the above four aspects are fulfilled, provided that the aspects of learners' learning completion are fulfilled. The Learning Management System (LMS) used for this research is Google Meet, Google Classroom, and Google Jamboard. This research is descriptive quantitative research. The subjects in this study were students of class XI Motorcycle Business Engineering (TBSM) 2 consisting of 35 students drawn randomly from all students of class XI SMK Negeri 2 Tulungagung. After this research is done, it can be concluded that online learning on equation materials and quadratic functions is said to be ineffective because of the incomplete learning outcomes of students and the lack of positive response of learners to learning. This subject is due to various aspects, including the lack of a comprehensive and simple description of the teacher because in this study the teacher explained it too long so that students have difficulty understanding the material provided and needed to use interesting media for self-learning such as learning videos and math games, low affective and psychomotor aspects of learning where learners have difficulty in working on the test of learning results , internet signals, low student attention to online learning, and online learning have not been fully implemented in schools.
Keywords: Effectiveness, Learning, Online