PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GLIDEAPPS PADA MATERI PEMILIHAN DAN PEMOTONGAN DAGING BAGI SISWA KELAS X SMK
DEVELOPMENT OF GLIDEAPPS-BASED E-MODULES ON MEAT SELECTION AND CUTTING MATERIALS FOR STUDENTS OF CLASS X SMK
E-Modul Pemilihan dan Pemotongan Daging berbasis Glideapps merupakan suatu alternatif dalam pembelajaran tanpa media cetak, berisi fitur berupa gambar, video, audio dan teks yang memudahkan siswa dalam menguasai materi pembelajaran. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui: 1) kelayakan media pembelajaran; dan 2) respon peserta didik kepada aktivitas belajar mengajar menggunakan E-Modul berbasis Glideapps. Metode penelitian menggunakan Research and Development dengan sepuluh tahapan, namun karena keterbatasan waktu penelitian, maka penelitian ini dijalankan sampai langkah ke-5 yaitu revisi prototype berdasarkan hasil uji coba. Validasi prototype untuk menguji kelayakan E-Modul melibatkan dua orang ahli materi serta dua orang ahli media. Subjek pengujian dilakukan pada siswa kelas X Kuliner SMK Negeri 3 Pamekasan. Validasi dilakukan menggunakan angket dan dianalisis menggunakan rerata. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Prototype E-Modul hasil penelitian sudah layak dengan nilai media 93% dan materi sebesar 95%; dan 2) Respon peserta didik setelah menggunakan E-Modul hasil penelitian mendapatkan respon sangat baik dengan nilai 91%. Hal ini mengimplikasikan bahwa E-Modul hasil penelitian dapat digunakan dalam pembelajaran.
The Glideapps-based Meat Selection and Slaughter E-Modul is an alternative in learning without print media, containing features in the form of images, videos, audio and text that make it easier for students to master the learning material. The purpose of this research is to determine: 1) the feasibility of learning media; and 2) students' responses to teaching and learning activities using Glideapps-based E-Modules. The research method uses Research and Development with ten stages, but due to the limited time of the study, this research was carried out until the 5th step, namely the revision of the prototype based on the results of the trial. The validation of the prototype to test the feasibility of the E-Modul involved two material experts and two media experts. The subject of the test was conducted on students of class X Culinary SMK Negeri 3 Pamekasan. Validation was carried out using a questionnaire and analyzed using the mean. The results showed: 1) The prototype of the E-Module was feasible with 93% media value and 95% material; and 2) The response of students after using the E-Module research results get a very good response with a value of 91%. This implies that the E-Module research results can be used in learning.