Abstrak
Kehadiran produk kecantikan yang beredar di pasaran memunculkan keunggulan produk yang dikeluarkan oleh masing-masing perusahaan, maka banyak faktor yang mempengaruhi dalam melakukan sebuah keputusan pembelian salah satunya konsumen mencari informasi mengenai review produk melalui beauty vlogger review. Disini terdapat dua faktor yaitu beautyvloggerreview dan kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh beauty vlogger review dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dengan total 110 responden. Responden tersebut merupakan konsumen yang pernah membeli produk Maybelline sebanyak dua kali dan yang sedang menggunakan produk kecantikan Maybelline di Surabaya. Pengumpulan data dengan penyebaran angket kemudian data diolah menggunakan SPSS versi 16.0. Analisis data ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel beauty vlogger review (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,367.
Kata kunci: beautyvloggerreview, kualitas produk, keputusan pembelian.
Abstract
The presence of beauty products on market raises the benefits of the product by each company, then many factors that influence in making a purchase decision one of them a consumer seesor seeks information about the product review through a beauty vlogger review. Here there are two factors, namely beauty vlogger review and product quality. This study aims to explain andanalyze the effect of beauty vlogger review and product quality on purchasing decisions. The type of research used in this study is quantitative research using a sampling techniqie that is purposive sampling with a total of 110 respondent. The respondent of this study was consumers who have purchase Maybelline product twice and who are currently using Maybelline beauty product in Surabaya. Data collection by distributing question naires and then the data is processe dusing SPSS version 16.0. Analysis of this data using multiple regression analysis method. The result of this study indicate that the variable beauty vlogger review (X1) and product quality (X2) have a significant effect on purchasing decisions (Y) of 0,367.
Keywords: beauty vlogger review, product quality, purchasingdecision.