IPHONE SEBAGAI MODAL SIMBOLIK GAYA HIDUP GENERASI Z DALAM KARAKTER VISUAL MOCKERY
IPHONE AS A SYMBOLIC CAPITAL OF GENERATION Z LIFESTYLE IN THE CREATION OF MOCKERY VISUAL CHARACTER
Pada saat ini, Iphone mempunyai arti tersendiri di lingkungan Generasi Z. Seringkali iphone sudah menjadi suatu symbol tertentu untuk mencapai validasi di lingkungan Generasi Z. Setatus sosial adalah tujuan utama dari kepemilikan iphone pada Generasi Z yang seringkali menyinggung merk Smartphone lainnya. Pada dasarnya iphone diciptakan untuk memudahkan dalam berkegiatan pada pemiliknya dengan fitur yang canggih, akan tetapi Iphone kini mempunyai arti tersendiri di kalangan Generasi Z.
Tujuan dari penciptaan karya seni Lukis adalah memvisualisasikan karya seni Lukis yang terinspirasi di kalangan generasi Z dimana iphone mempunyai arti tersendiri. karakter visual yang bernama Mockery adalah karakter visual yang dihadirkan untuk mewakili ungkapan bahasa visual menggunakan warna monockrome yang menciptakan warna yang tenang,harmonis, dan serasi.
Penciptaan karya ini menggunkan tahapan oleh Gustami, yakni tahapan eksplorasi, Perancangan, dan Tahapan perwujudan. Tahapan ini menghasilkan Sembilan karya Lukis dengan bentuk media Lukis yang menarik.karya seni Lukis yang dihadirkan dikemas dengan unik untuk dinikmati oleh kalangan luas yang bertujuan untuk membuka wawasan dalam menyikapi kemakjuan teknologi untuk memudahkan kegiatan sehari-hari.
Kata Kunci: Modal Simbolik, Gaya Hidup,Shaped Canvas, Mockery
At this time, the iPhone has its own meaning in the Generation Z environment. Often iphone has become a certain symbol to achieve validation in the Generation Z environment. Sosial status is the main goal of iphone ownership in Generation Z which often offends other Smartphone brands. Basically, iphone was created to facilitate the activities of its owner with sophisticated features, but it now has its own meaning among Generation Z.
The purpose of creating artworks is to visualize artworks inspired by Generation Z where iphone has its own meaning. visual character named Mockery is a visual character presented to represent the expression of visual language using monochrome colors that create calm, harmonious, and harmonious colors.
The creation of this work uses the stages by Gustami, namely the exploration, design, and realization stages. This stage produces nine paintings with interesting forms of painting media. The paintings presented are uniquely packaged to be enjoyed by the wider community which aims to open up insights in addressing the advancement of technology to facilitate daily activities.
Keywords: Symbolic Capital, lifestyle,Shaped Canvas, Mockery