Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Untuk Mewujudkan School Well-Being Di SDN Lidah Kulon IV/467 Surabaya
Academic Supervision by the Principal to Realize School Well-Being at SDN Lidah Kulon IV/467 Surabaya
Kepala Sekolah memiliki peranan penting dalam kegiatan supervisi akademik, untuk dapat membimbing guru secara berkelanjutan sehingga guru akan selalu menjaga eksistensinya secara up to date (mengikuti perkembangan zaman) sehingga kondisi School well-being dapat tercapai melalui strategi supervisi akademik yang diterapkan oleh kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi mengenai (1) tahapan supervisi akademik; (2) supervisi akademik oleh Kepala Sekolah dalam mencapai School Well-Being. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik yang dikembangkan oleh Miles, Hubermen dan Saldana yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan keabsahan data yang digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tahapan supervisi akademik oleh kepala sekolah meliputi perencanaan, observasi kelas, dan umpan balik atau tindak lanjut; (2) supervisi akademik kepala sekolah untuk mencapai school well-being di SDN Lidah Kulon IV/467 surabaya dengan memenuhi tiga aspek school well-being yaitu, aspek having, loving, dan being
The school principal has an important role in academic supervision activities, to be able to guide teachers on an ongoing basis so that teachers will always maintain their existence in an up to date manner (following the times) so that school well-being conditions can be achieved through the academic supervision strategy implemented by the principal. The purpose of this research is to obtain a description of (1) stages of academic supervision; (2) academic supervision by the Principal in achieving School Well-Being. This research method is descriptive qualitative. Data collection was carried out using observation techniques, interviews, and documentation studies. The results of this study indicate that (1) the stages of academic supervision by the principal include planning, class observation, and feedback or follow-up; (2) academic supervision of school principals to achieve school well-being at SDN Lidah Kulon IV/467 Surabaya by fulfilling three aspects of school well-being namely, aspects of having, loving, and being