PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH ANAK TUNAGRAHITA
THE ROLE OF PARENTS IN DISTANCE LEARNING FOR INTELLECT DISABILITY CHILDREN
Terjadinya pandemi covid-19 membuat pemerintah mengeluarkan peraturan untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah, termasuk pembelajaran bagi anak tunagrahita. Situasi ini membuat orang tua ikut serta dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai peran pendampingan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh anak tunagrahita. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan data melalui metode dokumentasi. Sumber data penelitian diperoleh dari data sekunder terkait peran orang tua dalam pembelajaran jarak jauh anak tunagrahita. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari kajian tersebut menunjukkan bahwa orang tua menjadi guru kedua atau pendamping anak tunagrahita dalam proses pembelajaran. Orang tua berperan penting dalam pembelajaran jarak jauh anak tunagrahita yaitu sebagai pendamping yang mengawasi dan mengontrol anak ketika belajar, memberi fasilitas belajar kepada anak, pemberi motivasi semangat, menjadi fasilitator antara guru dengan anak, tempat diskusi dan bertanya, membuat suasana belajar yang kondusif, serta sebagai elemen utama dalam mengembangkan potensi anak saat di rumah.
Kata kunci: Peran orang tua, Pembelajaran jarak jauh, Anak tunagrahita
The covid-19 pandemic led the government to issue regulations to study from home, including learning for intellect disability children. This situation, makes parents participate in the learning process. This research aims to describe the role of parents in distance learning for intellect disability children. The research method in this study is literature study with data collection techniques through the documentation method. The source of the research data was obtained from secondary data related to the role of parents in distance learning for intellect disability children. The data analysis technique used is by using qualitative descriptive analysis. The results of the study indicate that parents become the second teacher or companion for intellect disability children in the learning process. Parents has an important role in distance learning for intellect disability children, which is as a companion who supervises and controls children when learning, provides learning facilities for children, provides motivation for enthusiasm, becomes a facilitator between teachers and children, places discussions and asks questions, creates a conducive learning atmosphere, and as the main element in developing children's potential at home.
Keywoards: The role of parents, Distance learning, Intellectual disability children