PENGEMBANGAN KARTU BESARAN DAN SATUAN (BERSATU) BERBASIS WEB SEBAGAI ALAT EVALUASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA
WEB-BASED DEVELOPMENT OF AMOUNT AND UNITS (BERSATU) CARD AS A TOOL FOR LEARNING EVALUATION OF CLASS X HIGH SCHOOL STUDENTS
Furqon HN, Mohammad. 2023. Pengembangan Kartu Besaran dan Satuan (BERSATU) Berbasis Web Sebagai Alat evaluasi Belajar Siswa Kelas X SMA. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Sains, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing:
(1) Prof. Dr. Madlazim. M.Si., dan (2) Dr. Z. A. Imam Supardi, M.Si.
Kata Kunci: inkuiri, hasil belajar siswa, alat evaluasi kartu besaran dan satuan berbasis web.
Tujuan penelitian ini mengembangkan alat evaluasi kartu besaran dan satuan berbasis web yang layak untuk mendukung pembelajaran Fisika dengan model inkuiri pada materi Besaran dan Pengukuran ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model 4D. Desain uji coba yang digunakan one group pre-test post-test design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode validasi, observasi, dan tes dengan menggunakan empat kelas dalam satu sekolah. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, perhitungan N-gain, Uji T-berpasangan, dan Anova. Valid, ditinjau dari validitas RPP sebesar 78,6% berkategori sangat valid dan 21,4% berkategori valid, validitas handout sebesar 50% berkategori sangat valid dan 50% berkategori valid%, validitas LKPD sebesar100% sangat valid dan alat evaluasi kartu besaran dan satuan berbasis web sebesar 72,7% berkategori sangat valid dan 27,3% berkategori valid. Praktis, ditinjau dari penilaian keterlaksanaan dan aktivitas peserta didik berkategori sangat baik. Efektif, ditinjau dari tes hasil belajar siswa: 1) adanya peningkatan rata-rata pretest dan posttest; 2) rata-rata N-gain pada kelas uji coba terbatas dan uji coba luas berkategori tinggi; 3) rata-rata N-gain tidak berbeda di empat kelas, baik pada uji coba terbatas dan uji coba luas. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran model inkuiri dan alat evaluasi kartu besaran dan satuan berbasis web layak digunakan dan telah memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif untuk ,meningkatkan hasil belajar fisika siswa.
Furqon HN, Mohammad. 2023. Development of a Web-Based Measurement and Unit Card (BERSATU) as a Learning Evaluation Tool for Class X High School Students. Thesis. Master Program of Science Education, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya. Supervisor:
Keywords: inquiry, student learning outcomes, web-based unit and scale card evaluation tools.
The purpose of this study was to develop an appropriate web-based measurement card and unit evaluation tool to support learning Physics with an inquiry model on Quantities and Measurements in terms of validity, practicality, and effectiveness. This study uses a 4D model. The trial design used was one group pre-test and post-test design. Data collection was carried out using validation, observation, and test methods using four classes in one school. Data analysis techniques used the normality test, homogeneity test, N-gain calculation, paired T-test, and ANOVA. Valid, in terms of the validity of the RPP by 78.6% in the category of very valid and 21.4% in the category of valid, the validity of the handout is 50% in the category of very valid and 50% in the category of valid%, the validity of the LKPD is 100% very valid and the measurement and unit card evaluation tool web-based by 72.7% in the very valid category and 27.3% in the valid category. Practically, in terms of the assessment of the implementation and activities of the students, it is in a very good category. Effective, in terms of student learning outcomes: 1) there is an increase in the average pretest and posttest; 2) the average N-gain in the limited trial class and the wide trial category is high; 3) the mean N-gain did not differ across the four classes, both in the limited trial and the wide trial. Therefore, inquiry model learning tools and web-based unit and scale card evaluation tools are appropriate to use and have met the valid, practical, and effective categories for improving student physics learning outcomes.