MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI RA ALIF SURABAYA
ONLINE LEARNING MANAGEMENT DURING THE COVID 19 PANDEMIC IN RA ALIF SURABAYA
Manajemen pembelajaran sangat penting kedudukanya dalam pengaturan proses belajar mengajar , apalagi di masa pandemi covid 19. Berbagi usaha dilakukan untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan era pandemi covid 19 yang seluruh pendidik di semua jenjang pendidikan untuk menciptakan pembelajaran yang tetap mengikuti aturan protokol kesehatan oleh pemerintah yang dimana proses pembelajaran dilakukan di rumah. Oleh karena itu peran pendidik sangat dibutuhkan dalam mengelola manajemen pembelajaran yang sesuai dengan situasi saat ini dengan mengimplementasikan pembelajaran berbasis daring atau belajar online. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 yang berfokus pada kegiatan dan pengelolaan pembelajaran RA Alif Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi dan wawancara 4 orang pendidik RA Alif Surabaya.Teknik yan digunakan berupa mengamati para pendidik di saat pembelajaran dan wawancara pendidik. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran daring yang dilakukan RA Alif Surabaya pada masa pandemi dilakukannya perubahan dengan menggunakan pembelajaran berbasi online yang ditunjang dengan adanya bantuan aplikasi.
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Daring, Pandemi covid 19.
Learning management is very important in the setting of the teaching and learning process, especially in the covid 19 pandemic. Sharing efforts are made to conduct learning in accordance with the era of the covid 19 pandemic that all educators at all levels of education to create learning that still follows the rules of health protocols by the government where the learning process is carried out at home. Therefore the role of educators is needed in managing learning management that is in accordance with the current situation by implementing online-based learning or online learning. The purpose of this research is to find out the management of online learning during the covid 19 pandemic that focuses on the activities and management of learning of RA Alif Surabaya. The method used in this study uses qualitative methods with observation and interview of 4 educators RA Alif Surabaya.Teknik used in the form of observing educators during learning and interview educators. From the results of research that has been done it can be concluded that the management of online learning conducted by RA Alif Surabaya during the pandemic made changes by using online based learning supported by the help of applications
Keywords: Learning management, online , covid 19 pandemic