MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MERAWAT DIRI ANAK TUNAGRAHITA RINGANĀ
THREE-DIMENSIONAL LEARNING MEDIA TOWARDS SELF-CARE ABILITIES ON THE MILD-MENTAL RETARDATION CHILDREN
Anak tunagrahita ringan memiliki kemampuan merawat diri yang rendah. Hal ini disebabkan karena fungsi intelektual anak dibawah rata-rata. Namun hal itu dapat ditingkatkan melalui pembelajaran yang tepat menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuannya. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis media pembelajaran tiga dimensi terhadap peningkatan kemampuan merawat diri anak tunagrahita ringan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah literature review. Sumber literature yang digunakan adalah literatur dengan jenis penelitian pre-experimental designs dan action research dengan analisis data melalui pendekatan kuantiatif. Pada literatur penelitian pre-experimental designs rata-rata pada pre-test yaitu 47,7 dan mengalami peningkatan pada nilai rata-rata post-test menjadi 86,3. Pada jenis penelitian action research, nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 53,5 dan mengalami peningkatan pada nilai rata- rata siklus 2 menjadi 85,75. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tiga dimensi dapat meningkatkan kemampuan menggosok gigi, cara berpakaian, toilet training dan keterampilan menggunakan pembalut pada anak tunagrahita ringan.
Kata Kunci: Tiga Dimensi, Merawat Diri, Anak Tunagrahita
The mild-mental retardation children have low self-care abilities. It caused by the children's intellectual function is below average. However, it can be improved through proper learning using the perfect media learning according to their abilities. The purpose of writing this article was to analyze three-dimensional learning media to increase the self-care abilities of mild-mental retardation children. The method used in this paper is a literary review. The sources used are both pre-experimental design research and action research through a quantitative data analysis approach. In the pre-experimental Designs research, the average pre-test is 47.7 and has increased in the post-test mean score to 86.3. In the Action Research type of research, the average value in cycle 1 is 53.5 and has increased in the average value of cycle 2 to 85.75. Based on the analysis above, the result can conclude that three-dimensional learning media can improve brush teeth ability, how to dress, toilet training, and using sanitary napkins skills in mild mentally disabled children.
Keywords: Three dimensions, Self-care, Mental retardation children