Metode Mind Mapping Pada Kemampuan Membaca Siswa Disleksia
Mind Mapping Method on the Reading Ability of Dyslexic Students
Metode belajar mind mapping dapat memudahkan anak disleksia dalam menerima pembelajaran dengan mengoptimalkan kemampuan visual anak disleksia. Penelitian ini bertutujuan untuk mendiskripsikan pengaruh metode mind mapping pada kemampuan membaca anak disleksia. Penelitian ini menggunakan metode literatur review jurnal dan buku yang dilakukan dengan menganalisa, mengevaluasi, dan memadukan penelitian, teori, serta praktik dari penelitian yang sesuai dengan topik pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mind mapping pada kemampuan membaca anak disleksia dapat mendukung pembelajaran dalam belajar membaca sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia.
Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Disleksia, Membaca
The mind mapping learning method can make it easier for dyslexic children to receive learning by optimizing the visual abilities of dyslexic children. This study aims to describe the effect of the mind mapping method on the reading ability of dyslexic children. This study uses the literature review method of journals and books which is carried out by analyzing, evaluating, and combining research, theory, and practice from research in accordance with the topic of discussion. The results showed that the mind mapping method on the reading ability of dyslexic children can support learning to read so that it can improve the reading ability of dyslexic children.
Keywords: Mind Mapping Method, Dyslexia, Reading