Keterampilan Inkuiri Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Lab pada Materi Gelombang
Students' Inquiry Skills in Virtual Lab-Based Learning on Wave Material
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan inkuiri, pengetahuan, dan kemampuan berpikir saintifik siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis virtual lab pada materi gelombang serta untuk mengetahui perbandingan keterampilan inkuiri siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis virtual lab dengan siswa yang mengikuti kegiatan inkuiri berbasis real lab di SMPN 2 Jogoroto. Jenis penelitian yang digunakan adalah comparative study dengan menggunakan dua kelas yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Rancangan penelitian menggunakan two group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kategori rata-rata keterampilan inkuiri siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis virtual lab adalah terampil. (2) Pengetahuan siswa dalam pretest dan posttest dengan uji Mann Whitney diperoleh berturut-turut 0,546 dan 0,058 > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan baik pada pretest maupun posttest pengetahuan siswa antara kelas berbasis virtual lab maupun kelas berbasis real lab. Analisis rata-rata N-Gain pada kelas virtual didapatkan kategori tinggi. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada pretest kemampuan berpikir saintifik siswa antara kelas berbasis virtual lab maupun kelas berbasis real lab. Tetapi, terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai posttest kemampuan berpikir saintifik siswa antara kelas berbasis virtual lab maupun kelas berbasis real lab. (4) Keterampilan inkuiri siswa kelas berbasis virtual lab dan kelas berbasis real lab secara keseluruhan tidak jauh berbeda.
The purpose of this research is to describe the inquiry skills, knowledge, and scientific thinking abilities of students who take part in virtual lab-based learning on wave material and to find out the comparison of the inquiry skills of students who take part in virtual lab-based learning with students who take part in real lab-based inquiry activities at SMPN 2 Jogoroto. The type of research used is a comparative study using two classes, each of which has 30 students. The research design used a two group pretest posttest design. Data collection techniques in this study used test and interview methods. The results showed that: (1) The average category of inquiry skills of students participating in virtual lab-based learning was skilled. (2) Student knowledge in the pretest and posttest with the Mann Whitney test was obtained respectively 0.546 and 0.058 > 0.05, which means that there was no significant difference in both the pretest and posttest of student knowledge between virtual lab-based classes and real lab-based classes. Analysis of the average N-Gain in the virtual class found the high category. (3) There is no significant difference in the pretest of students' scientific thinking ability between virtual lab based classes and real lab based classes. However, there is a significant difference in the posttest scores of students' scientific thinking ability between virtual lab based classes and real lab based classes. (4) The inquiry skills of students in virtual lab based classes and real lab based classes as a whole are not much different.