ABSTRAK
Tahapary, Frederick, L. 2020. Peer Review of Students’ Writings Portfolio in Instagram. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Oikurema Purwati, M.AppL , (2) Ahmad Munir, Ph.D.
Keywords: Narrative text, peer review, portfolio, mobile assisted language learning, Instagram.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dari implementasi peer review secara online di dalam pengajaran menulis Bahasa Inggris pada level siswa menengah kejuruan. Teks naratif siswa sebelum dan sesudah proses peer review digunakan untuk melihat perubahan tulisan siswa. Selain itu, hasil interview dengan siswa juga diambil untuk melihat kesulitan siswa ketika mengerjakan online peer review.
Studi ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keseluruhan proses dari online peer review di Instagram. Data yang diambil untuk penelitian ini berupa tulisan siswa yang telah dipasang di akun Instagram siswa. Tulisan-tulisan tersebut dibedakan menjadi tulisan sebelum dan sesudah penerapan online peer review oleh siswa. Komen siswa juga didokumentasikan melalui screenshot. Hasil dari interview dengan para siswa tentang kesulitan siswa juga diambil untuk studi ini. Subjek dari studi ini merupakan seorang guru dan 32 murid, yang terdiri dari 7 murid laki-laki dan 25 murid perempuan. Studi ini dilakukan dari bulan September hingga Oktober tahun 2019.
Dari hasil temuan, semua siswa memasang teks naratif mereka pada akun Instagram mereka. Beberapa tulisan siswa merupakan teks fabel, mitos, atau legenda. Kebanyakan dari siswa secara aktif berpartisipasi dalam proses peer review. Kebanyakan dari komentar siswa mengomentari penggunaan bahasa dan mekanis penulisan dari teks naratif. Namun, dari keseluruhan siswa, hanya 16 siswa yang merevisi teks naratif mereka, dan hanya 6 teks siswa yang mengalami perubahan dari sebelum proses peer review. Kesulitan siswa ketika melakukan peer review adalah memahami kesalahan dari teks naratif teman mereka dan kebahasaan yang digunakan di teks-teks tersebut.
Kesimpulannya, proses dari online peer review dapat digunakan sebagai alternatif yang positif untuk mengganti metode pengajaran yang dirasa monoton. Online peer review juga dapat digunakan untuk menciptakan aktifitas produktif untuk siswa, namun, pemahaman siswa terhadap teks atau topik yang digunakan dan juga praktik dari online peer review harus menjadi hal yang penting untuk dipahami sebelum menerapkan online peer review di media sosial.
ABSTRACT
Tahapary, Frederick, L. 2020. Peer Review of Students’ Writings Portfolio in Instagram. Language and Literature Education Study Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Advisors: (1) Dr. Oikurema Purwati, M.AppL , (2) Ahmad Munir, Ph.D.
This study is aimed to designate the process of online peer review in teaching writing for high school students and to show the changes conveyed through the implementation of online peer review in Instagram seen from the students’ narrative texts before and after being reviewed. In addition, the challenges of online peer review were also concluded in this study.
This qualitative study investigates the whole process of online peer review in Instagram. The data were the students’ writing posted in the Instagram, their comments, the revised version of students’ narrative text, and the result of interview with the students related to the challenges that the students had. The participants of this study involve a male English teacher and 32 students, which consist of 7 male students and 25 female students. This study was conducted from September to October 2019.
The finding showed that all of the students posted their version of fables, myth, or legend. Mostly students were also participated in the reviewing process in their posted texts. Most of the comments were related to the language use and mechanical of the narrative writing. However, only 16 students posted their revised version of their narrative text, and only 6 students truly revised their narrative text. Furthermore, the most frequent challenges that the students had during the implementation of online peer review was to understand their peer’s mistakes in the category of language use.
In conclusion, the process of online peer review could be used as a positive alternative method of teaching to avoid monotonous teaching and a tool for more productive activity to the students. However, the students’ understanding related to the topic or the text and the students’ understanding related to the technique of online peer review are vital to implement online peer review in social media or any web 4.0.