Hubungan Inovasi Produk Makanan Terhadap Minat Beli Masyarakat di Gresik
Relationship of Food Products Innovation Towards Public Buying Interest at Gresik
Produk adalah pemahaman subjektif dari produsen yang mengajukan sebagai usaha supaya dapat mencapai tujuan untuk pemenuhan kebutuhan customer yang sesuai dengan kapasitas daya belinya. Mengenai produk, maka aspek yang lebih diperhatikan ialah inovasi produk. Dalam memenangkan persaingan bisnis, kunci utamanya adalah inovasi produk. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan inovasi produk makanan terhadap minat beli masyarakat di Gresik dengan menggunakan metode analisis korelasi sederhana untuk.menganalisis data dan menggunakan program.SPSS versi 24 untuk mengolah data. Penelitian ini menggunakan 1 variabel independen yaitu inovasi produk dan 1 variabel.dependen yaitu.minat beli. Data yang didapatkan dari kuisioner telah disebarkan kepada 100 responden masyarakat kota Gresik yang terpilih melalui teknik purposive sampling dan diukur menggunakann skala.likert. Pada hasil penelitian ini menemukan bahwasanya inovasi produk makanan memiliki hubungan kuat secara signifikan terhadap minat beli masyarakat di Gresik.
Kata Kunci: inovasi produk, minat beli masyarakat
The product is subjective knowledge from the producer that can be offered in an effort to achieve goals through fulfilling customer needs and desire in accordance with their capacity and purchase power. About the product then the more noticed aspect is product innovation. Product innovation is the key to winning business competition. This research has a purpose to find the relationship of food products innovation to people's buying interests in Gresik using a simple correlation analysis method to analyze data and use spss program version 24 to process data. This research uses 1 independent variable namely product innovation and 1 dependent variable that is buying interest. The data was obtained from a questionnaire that has been shared with 100 respondents, namely the gresik city community selected through purposive sampling techniques and measured on a likert scale. The results found that food product innovation has a significant strong relationship to people's buying interests in Gresik.
Keywords: product innovation, buying interest