Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B di Tk PKBM Permata Bangsa Jalan Semolowaru Indah II Surabaya
the effect of using flashcard media on the language development of group B children in TK PKBM Permata Bangsa Semolowaru Indah II Surabaya.
ABSTRAK
Pembimbing : Prof. Dr.M.V.Reosminingsih, M.Pd
Jumlah Pendidik harus lebih bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabanya dengan baik, jika dapat mengantarkan siswa, hingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. peran tersebut menuntut guru untuk memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam proses pembelajaran seperti penguasaan metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan berkomunikasi. Salah satu metode yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengembangkan bahasa adalah penggunaan kartu flash atau kartu bergambar.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap perkembangan bahasa anak kelompok B di TK PKBM Permata Bangsa Semolowaru Indah II Surabaya. Metode yang digunakan adalah purposive sampling. Responden mana yang berfungsi melalui metode observasi. Dalam menganalisis data ini, sebagai variabel bebas adalah bermain kartu Flash, sedangkan variabel terikatnya adalah perkembangan bahasa. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hipotesis kerja yang diterima adalah Pengaruh Penggunaan Media Flashcard terhadap Perkembangan Bahasa Anak B di TK PKBM Permata Bangsa Semolowaru Indah II Surabaya. Dari hasil peneliti pada saat pengumpulan data, bahwa fenomena secara detail dapat dipahami dengan baik dan terlihat jelas.
Katakunci: Media Kartu Flash, Pengembangan Bahasa
ABSTRACT
The Influence of the Use of Flashcards Media on the Language Development of Group B children at TK PKBM Permata Bangsa Semolowaru Indah II Surabaya
Name : Halim Qoribusyarif
NIM : 13010034003
Study Program : S-1
Department : Non formal Education
Faculty : Faculty of Education
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Prof. Dr.M.V.Reosminingsih, M.Pd
The Educators must be more able to carry out their duties and responsibilities properly, if they can deliver students to the predetermined learning objectives. This role requires teachers to have the ability and skills in the learning process such as mastery of learning methods, learning strategies, and communication. One of the methods that is expected to improve children's ability to develop language is the use of flash cards or picture cards.
The purpose of this study was to determine the effect of using flashcard media on the language development of group B children in TK PKBM Permata Bangsa Semolowaru Indah II Surabaya. The method that used was purposive sampling. Which respondent functions through the observation method. In analyzing this data, the independent variable is playing Flash cards, while the dependent variable is language development. Thus, it can be seen that the accepted working hypothesis is the effect of using Flashcard Media on Language Development of Child B in TK PKBM Permata Bangsa Semolowaru Indah II Surabaya. From the results above, at the time of data collection, that the detailed phenomena can be understood well and clearly seen by researchers.
Keywords: Flashcard Media, Language Developmen