Permainan Uno Stacko Terhadap Keterampilan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan
Uno Stacko Games Against The Social Interaction Skills Of Little Disability Children
Penelitian studi kepustakaan ini membahas tentang permainan edukatif terhadap keterampilan interaksi sosial anak tunagrahita ringan. Ketidakmampuan dalam berinteraksi sosial sebagai salah satu hambatan pada anak tunagrahita ringan, yang ditandai dengan keterbatasan yang signifikan baik dalam fungsi intelektual dan perilaku adaptif seperti yang dinyatakan dalam konseptual, sosial, dan keterampilan praktis adaptif. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial anak tunagrahita ringan di lingkungan sekolah yaitu permainan Uno Stacko.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan permainan uno stacko terhadap keterampilan interaksi sosial anak tunagrahita. Pengumpulan data diperoleh melalui buku, kumpulan e-jurnal nasional maupun internasional maupun prosiding internasional yang terindeks. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis isi teknik analisa data .Hasil Penelitian ini berupa pemaparan tentang permainan uno stacko sebagai permainan edukatif untuk keterampilan interaksi sosial yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak tunagrahita ringan
Kata kunci: permainan uno stacko, interaksi sosial, tunagrahita ringan
This literature study research discusses educational games on the social interaction skills of children with mild mental retardation. The inability to interact socially as one of the obstacles in mild mentally retarded children, which is characterized by significant limitations in both intellectual function and adaptive behavior as expressed in conceptual, social, and adaptive practical skills. One way that can be used to improve social interaction skills for mentally retarded children in a school environment is the Uno Stacko game.
The purpose of this study was to describe the Uno Stacko game on the social interaction skills of mentally retarded children. Data collection is obtained through books, a collection of national and international e-journals as well as indexed international proceedings. The data analysis technique used was content analysis data analysis techniques. The results of this study were in the form of an explanation of the Uno Stacko game as an educational game for social interaction skills that were in accordance with the characteristics and needs of children with mild mental retardation
Keywords: uno stacko game, social interaction, mild mental retardation