METODE PROJECTING DALAM PELATIHAN KARYA MUSIK “Telaga Ngebel” di SMPN 2 NGRAYUN KABUPATEN PONOROGO
PROJECTING METHOD IN TRAINING THE MUSIC WORK "Telaga Ngebel" at SMPN 2 NGRAYUN PONOROGO DISTRICT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan dan hasil belajar dari penerapan Metode Projecting dalam pelatihan penciptaan karya musik “Telaga Ngebel” di SMPN 2 Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang dituangkan dalam bentuk deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara narasumber, observasi, dan studi dokumentasi.
Pelatihan karya musik “Telaga Ngebel” yang dilakukan oleh ekstrakurikuler karawitan SMPN 2 Ngrayun Kabupaten Ponorogo dalam penerapannya menggunakan metode Projecting/proyek yang dimana mendapatkan hasil yang memuaskan dari segi prestasi maupun kompetensi. Hal ini dapat dilihat dari ekstrakurikuler karawitan SMPN 2 Ngrayun Kabupaten Ponorogo meraih medali emas pada ajang perlombaan FLS2N (Festival Lomba seni Siswa Nasional) tingkat SMP dalam cabang lomba Musik Tradisi. Penerapan metode Projecting diterapkan selama proses kreatif pembuatan karya musik “Telaga Ngebel” yang dimana menggunakan beberapa sintaks yaitu: 1) Penentuan Proyek, 2) Perancangan Langkah-langkah penyelesaian proyek, 3) Penyusunan jadwal proyek, 4) Penyelesaian proyek dengan fasilitas dan monitoring guru, 5) Penyusunan laporan dan presentasi proyek/publikasi hasil proyek, 6) Evaluasi proses dan hasil proyek.
Berdasarkan pencapaian dan penerapan metode Projecting dalam proses pelatihan karya musik “Telaga Ngebel” peserta didik mampu mengoptimalkan ketercapaian dalam domain kognitif C1-C3 yaitu mengingat, memahami, menerapkan, Afektif A1 yaitu Menerima, Psikomotorik P2 yaitu Memanipulasi.
This research aims to determine the implementation steps and learning outcomes from applying the Projecting Method in the training for creating the musical work "Telaga Ngebel" at SMPN 2 Ngrayun, Ponorogo Regency. The research method used in this research is a qualitative research method outlined in descriptive form, data collection techniques are carried out by interviewing informants, observation and documentation studies.
The training for the musical work "Telaga Ngebel" which was carried out by the extracurricular musical work at SMPN 2 Ngrayun, Ponorogo Regency, was implemented using the projecting method which resulted in satisfactory results in terms of achievement and competency. This can be seen from the musical extracurricular at SMPN 2 Ngrayun, Ponorogo Regency, winning a gold medal in the FLS2N (National Student Arts Competition Festival) at the junior high school level in the Traditional Music competition. The application of the Projecting method is applied during the creative process of making the musical work "Telaga Ngebel" which uses several syntaxes, namely: 1) Determining the Project, 2) Designing the steps for completing the project, 3) Preparing the project schedule, 4) Completing the project with teacher facilities and monitoring , 5) Preparation of project reports and presentations/publication of project results, 6) Evaluation of project processes and results.
Based on the achievement and application of the Projecting method in the training process for the musical work "Telaga Ngebel", students are able to optimize their achievements in the C1-C3 cognitive domain, namely remembering, understanding, applying, A1 Affective, namely Receiving, P2 Psychomotor, namely Manipulating