ANALISIS RESPON PELAKU USAHA MINUMAN KOPI (COFFEE SHOP) TERHADAP KEWAJIBAN SERTIFIKASI HALAL
ANALYSIS OF COFFEE SHOP BUSINESS RESPONSE TO HALAL CERTIFICATION
Pemerintah mengesahkan UU JPH yang telah berlaku pada Oktober 2019. UndangUndang tersebut menegaskan bahwa produk yang beredar, masuk, dan dijual belikan di Indonesia wajib bersertifikasi halal. Berbagai macam jenis minuman kopi sangatlah beragam dan kebanyakan dari produk-produk yang beredar belum mendapatkan sertifikat halal dikarenakan kesadaran akan produk bersertifikasi halal para pelaku usaha masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon dari pelaku usaha coffee shop mengenai kewajiban sertifikasi halal yang telah berlaku di Indonesia mengingat rendahnya kesadaran pelaku usaha terhadap produk halal. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai solusi dalam menghadapi masalah tentang kewajiban sertifikasi halal. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif bersifat deskriptif, yakni melalui data yang telah diperoleh dan dikumpulkan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan respon yang dikeluarkan oleh para pelaku usaha sangat mendukung adanya kewajiban sertifikasi halal tersebut, namun adanya masalah dalam implementasi UU JPH membuat para pelaku usaha masih enggan untuk melakukan sertifikasi halal.
The government ratified the JPH Law, which took effect in October 2019. The law emphasizes that products circulating, imported, and sold in Indonesia must be halal certified. The various types of coffee drinks are very diverse and most of the products in circulation have not received halal certificates because the awareness of halal-certified products by business actors is still very low. The purpose of this study was to determine the response of coffee shop entrepreneurs regarding halal certification obligations that have been in force in Indonesia given the low awareness of business operators towards halal products. This research can be used as a solution in dealing with problems regarding halal certification obligations. The research method used by researchers is descriptive qualitative, namely through data that has been obtained and collected. The conclusion of this study shows that the responses issued by business actors strongly support the existence of the halal certification obligation, but there are problems in the implementation of the JPH Law making business actors still reluctant to conduct halal certification.