Flipped Classroom Approach in Increasing EFL Learners’ Higher-order Thinking Skills: An Overview
Abstrak
Kurikulum baru di Indonesia yaitu Kurikulum 2013 memiliki beberapa perbedaan dengan kurikulum sebelumnya atau KTSP. Kurikulum 2013 merubah gaya kegiatan belajar dan mengajar di dalam kelas, dari yang berpusat pada guru menjadi berpusat kepada siswa. Kurikulum baru ini juga memiliki tujuan yang berbeda yaitu meminta siswa untuk memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pelajaran, atau disebut juga kemampuan berpikir tingkat rendah (LOTS), dan juga mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan pada abad kedua puluh satu ini, atau dapat disebut juga dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Untuk mencapai tujuan yang ada di kurikulum 2013 dan dengan memperhatikan perubahan model kegiatan pembelajaran, Pendekatan kelas terbalik bisa menjadi pilihan alternatif bagi para guru untuk mereka gunakan ketika mengajar kelas bahasa Inggris. Pendekatan kelas terbalik adalah sebuah pendekatan pedagogi yang bertujuan untuk meminta siswa menguasai materi secara mandiri sebelum mendiskusikan materi tersebut dengan guru mereka di kelas. Artikel ini akan lebih fokus pada meningkatkan HOTS milik siswa menggunakan pendekatan kelas terbalik pada pengajaran bahasa Inggris guna.
Kata Kunci: Pendekatan kelas terbalik, kemampuan berpikit tingkat tinggi, HOTS, pendekatan berpusat pada siswa, pelajar EFL, EFL.
Abstract
New curriculum in Indonesia which is 2013 curriculum has differences with the previous curriculum or KTSP. It has transformed the style of teaching and learning activities from teaching centered learning to student centered learning. It also has different goals which are asking students to get deeper understanding of the key concept, or developing students’ lower-order thinking skills (LOTS), as well as getting competent demonstration of the twenty-first century skills, or developing students’ higher-order thinking skill (HOTS). To achieve the goals set by the 2013 curriculum and to consider changing models of teaching and learning activities, Flipped classroom approach can be an alternative choice for teachers to use when teaching English classes. Flipped classroom approach is a pedagogical approach which aimed to require the students to master the materials by themselves before discussing those with their teacher in a classroom. This paper will mainly focus on increasing students’ HOTS using the flipped classroom approach in English teaching.
Keywords: Flipped classroom approach, higher-order thinking skills, HOTS, student centered approach, EFL learner, EFL.