EFEKTIVITAS SISTEM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNESA
THE EFFECTIVENESS OF ONLINE LEARNING SYSTEM IN COVID-19 PANDEMIC ON UNDERGRADUATE STUDENTS OF MECHANICAL ENGINEERING EDUCATION
Pandemi Covid-19 merupakan wabah virus terbesar yang terjadi pada abad ini. Pandemi ini telah menjadi penyebab tewasnya jutaan manusia di dunia karena penularannya yang sangat cepat. Bukan hanya itu, virus ini telah berhasil melumpuhkan hampir semua sektor kehidupan, tidak terkecuali pendidikan. Indonesia sebagai salah satu negara terdampak Covid-19 telah melakukan beberapa upaya untuk mengurangi penyebaran virus di tengah masyarakat, salah satunya adalah dengan menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Oleh karena itu, pembelajaran yang biasanya dilaksanakan dengan tatap muka kini harus dilaksanakan secara daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilaksanakan di tempat tinggal masing-masing menggunakan media berupa aplikasi perangkat lunak berbasis komputer yang terkoneksi jaringan sehingga dapat menghubungkan pelajar dengan pengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari pembelajaran daring.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei yang dilakukan secara online untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, atau kejadian yang saat ini sedang terjadi. Penelitian ini juga digunakan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan termasuk kepentingan perumusan kebijakan pendidikan. Adapun subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2019–2020. Dalam mendapatkan data yang dibutuhkan, digunakan instrumen berupa skala yang mengacu pada Panduan Proses Pembelajaran Daring SPADA 2019. Hal ini meliputi rancangan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, strategi pengantaran atau penyampaian, media dan teknologi pembelajaran, serta layanan bantuan belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima aspek penilaian pembelajaran daring dapat diketahui bahwa aspek tertinggi, yaitu aspek media dan teknologi pembelajaran dengan persentase sebesar 80,8%. Selain itu, aspek strategi pengantaran atau penyampaian dengan persentase sebesar 76,3%, kemudian aspek rancangan pembelajaran dengan persentase sebesar 76%, aspek kegiatan pembelajaran dengan persentase sebesar 74,4%, dan aspek terendah adalah layanan bantuan belajar dengan persentase sebesar 69,7%. Berdasarkan hasil tersebut, keefektivitasan sistem pembelajaran daring pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNESA angkatan 2019–2020 memperoleh persentase rata-rata skor sebesar 75,6%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran daring pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNESA angkatan 2019–2020 dinyatakan sangat efektif.
Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, SPADA
The Covid-19 pandemic is the largest virus outbreak of this century. This pandemic has been the cause of millions of people’s deaths in the world. It is because the virus is transmitted very fast. Not only that, this virus has succeeded in crippling almost all sectors of life, including education. As one of the countries affected by Covid-19, Indonesia has made several efforts to reduce the spread of the virus in society. One of them is to keep your distance and avoid crowds. Therefore, the learning process that is usually carried out face-to-face, now has to be carried out online (on a network). Online learning is a learning method that is carried out in students’ homes using any medium in the form of computer-based software applications that are connected to a network so they can connect students with teachers. The purpose of this study was to determine the effectiveness of online learning.
This research is a quantitative descriptive study using a survey method conducted online to describe a symptom or event that is currently happening. This research is also used to solve educational problems, including the interest in the formulation of educational policies. The subjects of this study were students of Mechanical Engineering Education 2019–2020. In obtaining the required data, an instrument in the form of a scale refers to the 2019 SPADA Online Learning Process Guide. It includes learning design, learning activities, delivery or delivery strategies, learning media and technology, and learning assistance services.
The results showed that from the five aspects of online learning assessment, the aspect of the media and learning technology gets the highest percentage with a percentage of 80.8%. In addition, the aspect of delivery strategies comes with a percentage of 76.3%, then the aspect of learning design with a percentage of 76%, aspects of learning activities with a percentage of 74.4%, and the lowest aspect is learning assistance services with a percentage of 69.7 %. Based on these results, the effectiveness of the online learning system for students of Mechanical Engineering Education UNESA 2019–2020 obtained an average score of 75.6%. Thus, it can be concluded that the online learning system for students of Mechanical Engineering Education UNESA class 2019–2020 is declared very effective.
Keywords: Effectiveness, Online Learning, SPADA