PEMBELAJARAN VOKAL DENGAN PENDEKATAN KARAKTERISTIK ANAK USIA DINI DI TIRANDO MUSIC EDUCATION SURABAYA
VOCAL LEARNING WITH EARLY CHILDREN'S CHARACTERISTIC APPROACH AT TIRANDO MUSIC EDUCATION SURABAYA
Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi masalah, menguraikan perencanaan pembelajaran, menganalisis proses pelaksanaan, dan menjelaskan hasil pembelajaran vokal berdasarkan karakteristik anak usia dini pada anak usia dini di Tirando Music Education Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder dari Tirando Music Education dengan jumlah 10 subyek yang terdiri dari 5 subyek dengan rentang usia 4-6 tahun dan 5 subyek dengan rentang usia 6-7 tahun. Permasalahan yang terjadi pada subyek penelitian pada faktor internal adalah mood, konsentrasi dan kurang percaya diri seta permasalahan secara teknis adalah intonasi, artikulasi, power, tempo dinamika, hafalan lirik dan pernafasan. Pembelajaran dilakukan menggunakan kurikulum yang mengacu pada LCM yang terdiri dari pembukaan, inti dan penutup. Pada tahap awal dan penutup relatif sama namun pada inti pembelajaran akan berbeda dari satu anak dengan anak lainnya. Penilaian dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Penilaian yang dilakukan meliputi 3 ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata peningkatan pada anak rentang usia 4-6 tahun dari penilaian awal hingga penilaian akhir adalah 4,7 dan tiap pertemuan kedua adalah 4 dan pertemuan ketiga adalah 5,4 Sedangkan untuk anak dengan rentang usia 7-8 tahun adalah 4,1. dan tiap pertemuan kedua adalah 4,4 dan pertemuan ketiga adalah 3,8. Hal ini berarti anak mengalami peningkatan pada keterampilan vokal yang dimilikinya.
Kata kunci : pembelajaran, karakteristik, anak usia dini, vokal
The purpose of this research is to identify problems, describe learning planning, analyze the implementation process, and explain the results of vocal learning based on early childhood characteristics in early childhood at Tirando Music Education Surabaya. This research uses descriptive qualitative methods with primary and secondary data sources from Tirando Music Education with a total of 10 subjects consisting of 5 subjects with an age range of 4-6 years and 5 subjects with an age range of 6-7 years. Problems that occur in research subjects on internal factors are mood, concentration and lack of confidence while technical problems are intonation, articulation, power, tempo dynamics, memorization of lyrics and breathing. Learning is carried out using a curriculum that refers to the LCM which consists of opening, core and closing. The opening and closing stages are relatively the same but the core learning will differ from one child to another. Assessment is carried out 3 times a meeting. The assessment includes 3 domains, namely cognitive, affective and psychomotor. Based on the results of the study, the average increase in children aged 4-6 years from the initial assessment to the final assessment was 4.7 and each second meeting was 4 and the third meeting was 5.4 While for children aged 7-8 years was 4.1. and each second meeting was 4.4 and the third meeting was 3.8. This means that children experience an increase in their vocal ability.
Keywords: learning, characteristics, early childhood, vocal