Studi Literatur Proses Pembelajaran Virtual Learning Berbasis Gamifikasi di Era Revolusi Industri 4.0
Literature Study of Gamification Based Virtual Learning in the Era of the Industrial Revolution 4.0
Dalam perkembangan teknologi, dapat mengembangkan ide-ide dalam edukasi dan teknologi, Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan merupakan tanggung jawab semua pihak pemerintah, masyarakat, dan lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Indonesia. Prioritas utama dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas adalah dengan terus melakukan peningkatan kualitas pembelajaran yang berada di sekolah terutama di Indonesia. Peningkatan pembelajaran bisa ditingkatkan dengan adanya model pembelajaran yang tidak membosankan bagi peserta didik. Pelaksanaan praktek dan metode pembelajran perlu adanya dorongan dengan metode berbasis teknologi seperti pembelajaran virtual dan tahapan dengan metode Gamifikasi. Dalam Metode Gamifikasi tersebut, membuat beberapa fitur-fitur dan poin untuk membuat peserta didik dapat mengerjakan tugas tepat waktu dan memberikan pengembangan kreativitas peserta didik. Melalui tahapan-tahapan itu peserta didik dapat mengenal tahapan berbasis online dalam proses pembelajaran virtual dan tahap-tahap peserta didik untuk meningkatkan kemampuan dan membuat peserta didik menjadi lebih aktif untuk melaksanakan pembelajaran didalam metode Gamifikasi tersebut.
In the development of technology, can develop ideas in education and technology. Education is one of the efforts to create quality human resources and is the responsibility of all goverments, communities, and educational institutions in Indonesia. The main priority in realizing quality education is to continue to imporve the quality of learning in schools, especially in Indonesia. Improved learning can be improved by existence of a learning model that is not boring for students. Implementation of practices and methods such as virtual learning and stages with the Gamification method. In the Gamification method, the gamification method create a number of features and points to make students able to do the task on time and provide students with the creativity development. Through these stages students can recognize online based stages in the virtual learning process and stages of students to improve their abilities and make students more active to carry out learning in the Gamification method.