Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara interaksi sosial peserta didik dan prestasi belajar yang mereka peroleh pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri 1 Grogol, Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Non-Eksperimen dengan pendekatan kualitatif, menggunakan desain penelitian korelasional, metode pengumpulan data menggunakan angket, dan jumlah populasinya adalah 190 siswa. Teknik analisis data menggunakan rata-rata(mean), standart deviasi, product moment, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi sosial peserta didik dengan prestasi belajar pendidikan jasmani siswa di SMP Negeri 1 Grogol, Kediri. Besarnya nilai interaksi sosial nilai rata-rata sebesar 71,768 dengan standar deviasi sebesar 5.590. Koefisien korelasi prestasi belajar bola basket tulis sebesar 0,504 dan bola basket praktek 0,417 dengan koefisien determinasi tulis sebesar 25,43% dan koefisien determinasi praktek sebesar 17,38%. Koefisien korelasi prestasi belajar bola voli tulis sebesar 0,449 dan bola voli praktek 0,416 dengan koefisien determinasi tulis sebesar 20,12% dan koefisien determinasi praktek 17,29%. Koefisien korelasi prestasi belajar sepak bola tulis sebesar 0,467 dan sepak bola praktek 0,430 dengan koefisien determinasi tulis sebesar 21,84% dan koefisien determinasi praktek sebesar 18,51%. Data tersebut di atas menunjukkan besarnya hubungan antara variabel interaksi sosial peserta didik dengan prestasi belajarnya baik tulis maupun praktek yang mempunyai arah hubungan yang positif atau signifikan.
Kata kunci : Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani.
Abstract
The purpose of this study is to find out how much the relationship between the students social interaction and their learning achievement on Physical Education in SMP Negeri 1 Grogol, Kediri. The type of research used is Non-Experiments with qualitative approach, using correlational research design, data collection methods using questionnaires, and the number of population is 190 students. Data analysis techniques used in this study are mean, standard deviation, product moment and coefficient of determination. Based on the results of the study can be concluded that there is a significant relationship between the students social interaction and their learning achievement on Physical Education in SMP 1 Grogol, Kediri. The amount of social interaction value average value of 71.768 with a standard deviation of 5,590. Coefficient correlation of learning achievement of basketball writing 0,504 and practice basket 0,417 with coefficient of determination write equal to 25,43% and coefficient of determination practice equal to 17,38%. Coefficient of correlation of learning achievement of volleyball writing 0,449 and practice volley 0,416 with coefficient of determination write equal to 20,12% and coefficient of determination practice 17,29%. Coefficient correlation of learning achievement of writing football by 0,467 and soccer practice 0,430 with coefficient determination write equal to 21,84% and coefficient of determination practice equal to 18,51%. The data above shows the amount of variable relationship between the students social interaction and their learning achievement on Physical Education both writing or practice that has a positive or significant relationship direction.
Keywords: Social Interaction and Learning Achievement Physical Education.