KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK DHARMA WANITA GAYUNGAN
PARENT INVOLVEMENT IN EARLY CHILDREN'S LEARNING ASSISTANCE IN EARLY CHILDHOOD TK DHARMA WANITA GAYUNGAN
Peran merupakan pola tingkah laku tertentu yang memiliki ciri khas tersendiri dari sebuah pekerjaan atau jabatan tertentu. Sedangkan Orang Tua merupakan komponen keluarga yang terdiri dari ayah dan ibu yang diikat oleh sebuah perkawinan yang sah yang membentuk sebuah keluarga. Berdasarkan pengertian tersebut, peran Orang Tua adalah cara-cara yang digunakan Orang Tua dalam menjalankan tugas-tugas mengasuh anak dengan sebaik-baiknya. Peran Orang Tua sangatlah besar terhadap keberhasilan anak dalam belajar, dilihat dari tinggi rendahnya pendidikan, besar kecilnya penghasilan, cukup atau tidak perhatian kepada anak, rukun atau tidak, tenang atau tidak rumahnya, semuanya mempengaruhi hasil belajar anak. Terdapat 6 peran penting Orang Tua, yakni pendidik, guru, motivator, supporter, fasilitator, dan model. Peneliti akan melihat apakah ada peran orang tua serta bagaimana bentuk peran orang tua dalam pendampingan belajar anak usia dini di TK Dharma Wanita Gayungan, apakah sudah sesuai dengan sumber-sumber yang sudah ada atau memiliki perkembangan terbaharu dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta metode deskriptif. Hasilnya Orang Tua di TK Dharma Wanita Gayungan telah mencukupi keenam aspek peran Orang Tua dalam pendampingan belajar anak usia dini, tetapi peningkatan juga diperlukan agar peran Orang Tua menjadi lebih optimal kedepannya.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pendampingan Belajar, Anak Usia Dini
Role is a certain pattern of behavior that has its own characteristics from a particular job or position. While parents are a component of the family consisting of a father and mother who are bound by a legal marriage that forms a family. Based on this understanding, the role of parents is the ways that parents use in carrying out their child-rearing duties as well as possible. The role of parents is very large for children's success in learning, seen from the level of education, the size of the income, enough or not attention to children, harmonious or not, calm or not at home, all of which affect children's learning outcomes There are 6 important roles of parents, namely educators, teachers, motivators, supporters, facilitators, and models. Researchers will see whether there is a role for parents and how the shape of the role of parents in mentoring early childhood learning at Dharma Wanita Gayungan Kindergarten, whether it is in accordance with existing sources or has the latest developments using qualitative approaches and descriptive methods. The result is that parents at Dharma Wanita Gayungan Kindergarten have fulfilled the six aspects of the role of parents in assisting early childhood learning, but improvements are also needed so that the role of parents becomes more optimal in the future.
Keywords: Role of Parents, Learning Assistance, Early Childhood