Strategi Komunikasi Pemasaran Batik Lochatara Sebagai Produk Lokal Kediri Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan
Marketing Communication Strategy for Lochatara Batik as a Local Kediri Product in an Effort to Increase Sales
Batik lokal menjadi salah satu kontribusi positif dalam pertumbuhan ekonomi. Keunikan motif pada batik local merepresentasikan identitas budaya Indonesia, seperti Batik Lochatara yang konsisten mengangkat motif bertema kebudayaan dan kekayaan alam daerah Kediri. Batik Lochatara membutuhkan strategi agar bertahan pada persaingan yang ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran Batik Lochatara sebagai produk local Kediri dalam upaya meningkatkan penjualan.
Bauran pemasaran (marketing mix) adalah strategi efektif yang dapat mempengaruhi penjualan. Berawal dari elemen 7P (product, price, promotion, people, place, process, physical evidence) dan hasil temuan ada empat elemen terkuat yaitu elemen product, price, promotion dan physical evidence. Jenis penelitian adalah deksriptif kualitatif menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan Batik Lochatara memproduksi batik terjangkau namun berkualitas tinggi dengan ciri khas motif Kediri. Strategi promosi yaitu mengikuti berbagai pameran, publikasi media massa, memiliki brand ambassador, promosi secara mulut ke mulut, perlombaan, serta support dan sponsorhip event. Terdapat galeri batik sebagai wisata dan edukasi dengan museum purbakala, perpustakaan buku batik, dan Lochatara farm.
Local batik is one of the positive contributions to economic growth. The uniqueness of the motifs on local batik represents Indonesian cultural identity, such as the Lochatara Batik which carries motifs themed on the culture and natural wealth of the Kediri region. Batik Lochatara requires a strategy in order to survive the intense competition. This study aims to describe the marketing communication strategy of Batik Lochatara as a local product of Kediri in an effort to increase sales.
Marketing mix (marketing mix) is an effective strategy that can affect sales. Starting from the 7P elements (product, price, promotion, people, place, process, physical evidence) and the findings show that there are four strongest elements, namely product, price, promotion and physical evidence. This type of research is descriptive qualitative using the case study method. Data collection techniques are observation, interviews and documentation.
The results of the study show that Batik Lochatara produces affordable yet high-quality batik with a characteristic Kediri motif. The promotion strategy is participating in various exhibitions, mass media publications, having brand ambassadors, word of mouth promotion, races, as well as event support and sponsorship. There is a batik gallery for tourism and education with an ancient museum, batik book library, and Lochatara farm.