PENGARUH PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PROJECT DALAM MENINGKATKAN ECOLITERACY SISWA
SMP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN
The Influence of Project-Based Social Studies Learning on Improving Ecoliteracy of Students at SMP Muhammadiyah 2 Taman
Pembelajaran IPS berbasis project merupakan Model pembelajaran Project sebagai pembelajaran yang bertumpu pada analisis masalah pada di lingkungan sekolah. Penerapan pembelajaran IPS berbasis Project memiliki urgensi yang tinggi untuk memberikan pemahaman mengenai kesadaran lingkungan. Siswa menghadapi perkembangan yang pesat di zaman globalisasi ini, literasi mengenai lingkungan dapat mengarahkan mereka dalam menghadapi permasalahan-permasalahan lingkungan yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran IPS berbasis project dalam meningkatkan ecoliteracys siswa dan mengetahui pengaruh pembelajaran IPS berbasis project dalam meningkatkan ecoliteracy siswa SMP Muhammadiyah 2 Taman.
Pendekatan penelitian ini yakni kuantitatif memakai metode pre eksperimen one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh kelas VII B objek. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar soal tes dan nilai keterampilan produk siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji orasyarat dengan uji normalitas serta uji t menggunakan uji paired sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPS berbasis project dalam meningkatkan ecoliteracy siswa SMP Muhammadiyah 2 Taman memberikan hasil yang baik karena tingkat ketercapaian siswa berada pada tingkat tinggi, sedang, ada juga yang rendah namun tidak banyak serta terdapat pengaruh pembelajaran IPS berbasis project dalam meningkatkan ecoliteracy siswa SMP Muhammadiyah 2 Taman.
Kata Kunci: Pembelajaran IPS berbasis project, ecoliteracy SMP Muhammadiyah 2 Taman
Project-based social studies learning is a project-based learning model that relies on analyzing problems in the school environment. The application of project-based social studies learning has a high urgency to provide an understanding of environmental awareness. Students face rapid development in this age of globalization, and literacy about the environment can guide them in dealing with environmental problems that occur. The purpose of this study is to describe the learning process of project-based social studies in improving student ecoliteracy and to determine the effect of project-based social studies learning in improving student ecoliteracy at SMP Muhammadiyah 2 Taman.
This research approach is quantitative, using the one-group pretest-posttest pre-experiment method. The population of this study were seventh grade students at SMP Muhammadiyah 2 Taman. The sampling technique used was purposive sampling and obtained a class VII B object. Data collection techniques include tests and documentation. The research instruments used were test question sheets and student product skill scores. Hypothesis testing using orasyarat test with normality test and t test using paired sample t-test.
The results showed that the project-based social studies learning process in improving the ecoliteracy of Muhammadiyah 2 Taman Junior High School students gave good results because the level of student. achievement was at a high level, moderate; there were also low but no much, and there was an effect of project-based social studies learning in improving the ecoliteracy of Muhammadiyah 2 Taman Junior High School students.
Keywords: project-based social studies learning, ecoliteracy, SMP Muhammadiyah 2 Taman