Pengembangan Media Video Tutorial Pada Sub Kompetensi Rias Wajah Sehari-hari di SMKN 3 Probolinggo
Development Of Video Tutorial Media On Daily Makeup Sub-Competencies at SMKN 3 Probolinggo
Kegiatan pembelajaran materi rias wajah sehari-hari di SMKN 3 Probolinggo menurut hasil wawancara dengan guru mata pelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan demonstrasi sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Media video dapat membantu audiens yaitu peserta didik yang belum menangkap suatu pesan menjadi mudah dalam menerima dan memahami inovasi yang disampaikan, hal ini disebabkan karena video mampu mengkombinasikan antara visual (gambar) dengan audio (suara). Tujuan Penelitian untuk mengetahui kelayakan video tutorial, hasil belajar siswa dan respon siswa dalam menggunakan video tutorial pada materi tata rias wajah sehari-hari di SMK Negeri 3 Probolinggo. Jenis Penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan mengacu pada 8 tahapan yakni: (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi desain; (5) Revisi desain; (6) Uji coba produk; (7) Revisi produk; (8) Uji coba pemakaian. Metode pengumpulan data menggunakan kuisoner, dan tes hasil belajar psikomotorik. Media diuji cobakan kepada 35 siswa kelas X Kecantikan. Analisis data yang diterapkan pada penelitian ini yakni uji one sample t-test untuk hasil belajar psikomotor. Hasil penelitian mengenai kelayakan video dari aspek materi memperoleh nilai sebesar 87,6%, media sebesar 89%, dan dari bahasa sebesar 88%, sehingga secara keseluruhan kelayakan media dapat dikategorikan sebagai “Sangat Layak”. Hasil Penelitian dari hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik dinyatakan mencapai ketuntasan dengan ketercapaian sebesar 100%, setelah itu diuji menggunakan uji-t dan mendapatkan nilai thitung (8,274) > ttabel (2,051) dan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,005. Hasil penilaian dari respon siswa adalah sebesar 90,2 % sehingga dapat dikategorikan 81-100% atau “Sangat Layak”. Hasil ini menunjukkan bahwa pengembangan media video tutorial pada materi tata rias wajah sehari-hari sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar pada ranah psikomotorik, serta memperoleh respon yang sangat baik dari siswa.
Daily makeup learning activities at SMKN 3 Probolinggo, according to the results of interviews with subject teachers, only use lecture and demonstration methods so that student learning outcomes are less than optimal. Video media can help audiences, namely students who have not grasped a message, easily accept and understand the innovation being conveyed, this is because video is able to combine visuals (images) with audio (sound).Video media can help audiences, namely students who are weak and slow to capture a message, become easy to accept and understand the innovations conveyed, this is because video is able to combine visual (images) with audio (sound). The purpose of this study are to find out the procedure for developing learning media, knowing the feasibility of video tutorials and knowing student responses in using video tutorials on daily makeup materials at SMK Negeri 3 Probolinggo. The type of research used are R&D (Research and Development) method with reference to 8 stages, namely: (1) Potential and problems; (2) Data collection; (3) Product design; (4) Design validation; (5) Design revision; (6) Product testing; (7) Product revision; (8) Test use. Data collection methods use questionnaires and psychomotor learning outcomes tests. The media was tested on 35 class X Beauty students. The data analysis applied in this research is the one sample t-test for psychomotor learning outcomes. The results of research on video feasibility from the material aspect obtained a value of 87.6%, media aspect of 89%, and in terms of language of 88%, so that overall media feasibility can be categorized as "Very Decent". The research results of student learning outcomes in the psychomotor domain were declared to have achieved completeness with an achievement of 100%, after which they were tested using the t-test and obtained a value of tcount (8.274) > ttable (2.051) and a Sig value (2-tailed) of 0.00 < 0.005. The assessment result of student responses is 90.2% so that it can be categorized as 81-100% or "Very Decent". These results indicate that the development of video tutorial media on everyday make-up material is very suitable for use as a learning medium so as to improve learning outcomes in the psychomotor domain, and obtain very good responses from students.