Media pembelajaran perlu dikembangkan pada abad
ke-21, untuk memastikan
efektivitas pembelajaran diperlukan media pembelajaran yang sesuai. Media
pembelajaran harus mampu mengukur kompetensi peserta didik secara komprehensif
sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Oleh karna itu, pemilihan media
pembelajaran yang tepat dapat menilai kompetensi peserta didik dalam memahami
dan mengimplementasikan mata pelajaran. Media pembelajaran yang menarik dapat
menjadi stimulus bagi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh e-modul pembelajaran berbasis canva terhadap motivasi
belajar, kemampuan berpikir kritis dan kreativitas peserta didik. Penelitian
ini menggunakan kuantitatif jenis survei dan tes menggunakan data primer pada
populasi SMKN 1 Cerme. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling
mengambil 3 kelas kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)
sebanyak 105 siswa. Teknik pengumpulan data motivasi belajar menggunakan kuesioner,
sedangkan teknik pengumpulan data kemampuan
berpikir kritis dan kreativitas menggunakan tes. Analisis data dan pengujian
hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model – Partial
Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian
ditemukan nilai Koefisien E-modul terhadap berpikir kritis ialah 0,619
(artinya pengaruhnya positif) P value E-modul terhadap berpikir kritis ialah
0,000 < 0,05 (artinya signifikan) T hitung E-modul terhadap berpikir kritis
ialah 9,715 > T tabel 1,661 (sampel 105, jumlah V dependen 3)(artinya
signifikan) Dengan demikian maka e-modul pembelajaran berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Koefisien E-modul terhadap
kreativitas ialah 0,419 (artinya pengaruhnya positif) P value E-modul terhadap
kreativitas ialah 0,000 < 0,05 (artinya signifikan) T hitung E-modul
terhadap kreativitas ialah 5,021 > T tabel 1,661 (sampel 105, jumlah V
dependen 3)(artinya signifikan) Dengan demikian maka e-modul pembelajaran
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan kreativitas siswa.
Koefisien E-modul terhadap motivasi belajar ialah 0,383 (artinya pengaruhnya
positif) P value E-modul terhadap motivasi belajar ialah 0,000 < 0,05
(artinya signifikan) T hitung E-modul terhadap motivasi belajar ialah 5,063
> T tabel 1,661 (sampel 105, jumlah V dependen 3)(artinya signifikan) Dengan
demikian maka e-modul pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kemampuan motivasi belajar siswa. Kesimpulan didapatkan bahwa e-modul
pembelajaran berbasis canva memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar,
kemampuan berpikir kritis dan kreativitas peserta didik. Implikasi hasil
analisis menunjukkan guru dapat memandang bahwa media pembelajaran yang menarik
dan inovatif seperti e-modul pembelajaran berbasis canva sebagai alat untuk
meningkatkan motivasi belajar, berpikir kritis dan kreativitas pesrta didik.
Kata
kunci: media pembelajaran, e-modul, motivasi belajar, berpikir kritis,
kreativitas.