Pengembangan Media Pembelajaran Katauno untuk Latihan Membaca Huruf Katakana
Development of the Katauno Learning Media for Katakana Character Reading Practice
Abstrak
Salah satu tantangan yang harus dihadapi pelajar bahasa Jepang pemula adalah huruf katakana. Diperlukan latihan berulang-ulang untuk berlatih membaca huruf katakana. Salah satu alat bantu latihan membaca yang tidak mudah membuat pelajar jenuh adalah media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan serta kelayakan media pembelajaran katauno yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang untuk berlatih membaca huruf katakana. Selain itu penelitian ini memiliki tujuan lain yakni mengetahui seperti apa respon yang diberikan siswa SMKN 3 Surabaya terkait media pembelajaran katauno.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang dikembangkan oleh Sugiyono. Langkah-langkah penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah dimulai dari 1) analisis masalah dan potensi; 2)pengumpulan data; 3) pembuatan desain produk; 4) validasi produk; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; dan 7) revisi produk. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian untuk validasi dan angket untuk mengetahui respon pengguna. Dalam penelitian ini kelayakan produk ditentukan berdasarkan validasi produk yang dilakukan oleh dosen Prodi S1 Pendidikan Bahasa Jepang dan respon yang diberikan oleh siswa SMKN 3 Surabaya.
Berdasarkan hasil validasi produk yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi diperoleh persentase skor masing-masing adalah 74,73% dan 80%. Dari kedua nilai tersebut katauno termasuk dalam kriteria “baik”. Status kelayakan yang diberikan oleh penguji adalah produk ini layak untuk digunakan dengan sedikit perbaikan. Setelah dilakukan perbaikan produk dikenalkan kepada siswa SMKN 3 Surabaya untuk dilakukan uji coba. Persentase skor yang diperoleh 91,66% . Dengan persentase tersebut respon yang diberikan siswa terhadap katauno termasuk dalam kriteria “sangat baik”.
Kata Kunci: media pembelajaran, bahasa Jepang, katakana, kartu huruf Jepang.
Abstract
One of the challenges faced by beginner learners of Japanese is the mastery of katakana characters. Repeated practice is essential for improving reading skills in katakana. However, to prevent boredom among learners, engaging learning media is needed. This study aims to investigate the development and feasibility of the "katauno" learning media used in Japanese language learning to practice reading katakana characters. Additionally, the study seeks to understand the responses of students from SMKN 3 Surabaya regarding the Katauno learning media.
The research method employed in this study is Research and Development (R&D) as developed by Sugiyono. The steps undertaken in this study include: (1) problem and potential analysis; (2) data collection; (3) product design creation; (4) product validation; (5) design revision; (6) product trials; and (7) product revision. The research instruments used are assessment sheets for validation and questionnaires to evaluate user responses. Product feasibility was determined based on validation by Japanese language education experts and responses from SMKN 3 Surabaya students.
The results of the product validation conducted by media and material experts yielded scores of 74.73% and 80%, respectively. Based on these scores, Katauno falls into the "good" category. The feasibility status assigned by the evaluators indicates that the product is suitable for use with minor revisions. After making the necessary revisions, the product was introduced to students at SMKN 3 Surabaya for trials, achieving a score percentage of 91.66%. This percentage indicates that the students' responses to Katauno fall into the "very good" category.
Keywords: learning media, Japanese language, Katakana, Japanese character cards.