ABSTRAK
Roosdianna, Fikriya Fahmi. 2019. Sudut Pandang Guru dalam Ketepatan dan Kelancaran pada Kemampuan Berbicara. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Dosen Pembimbing: Ahmad Munir, Ph.D. ,Syafiul Anam, Ph.D.
Kemampuan berbicara dilihat sebagai standar keberhasilan siswa dalam pembelajaran bahasa mereka. Keberhasilan yang dimaksud adalah kemampuan untuk menggunakan bahasa Inggris secara tepat dan fasih untuk berkomunikasi dengan orang lain, jadi bias dikatakan ketepatan dan kefasihan dalam berbahasa sangat penting. Secara khusus, penelitian ini adalah upaya untuk menjawab : (1)Bagaimana guru beropini tentang ketepatan dan kefasihan? (2)Bagaimana guru memajukan ketepatan dan kefasihan dalam proses belajar mengajar? (3)Bagaimana guru mengatasi masalah dalam memajukan ketepatan dan kefasihan dalam proses belajar mengajar?
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hanya ada satu guru yang terlibat sebagai subjek penelitian. Subjek dipilih karena guru tersebut tela memenuhi kriteria yang dicari oleh peneliti. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Atas yng terletak di Surabaya, Jawa Timur. Sekolah tersebut adalah sekolah swasta berbasis Islam. Data dikumpulkan melalui interview dan didukung oleh observasi kelas.
Hasil penelitian mengungkapkan tiga poin penting. Pertama,guru berpendapat bahwa lingkungan kelas, intonasi, dan feedback adalah aspek-aspek penting yang menunjang ketepatan dan kefasihan. Guru menggunakan oral feedback dan Think Pair Share Strategy untuk memajukan ketepatan dan kefasihan siswa, dan yang terakhir adalah guru menggunakan teknik membatasi waktu dan mengontrol kelas ketika guru mempunyai masalah dalam memajukan ketepatan dan kefasihan.
Bisa disimpulkan bahwa guru mempunyai cara-cara yang efektif untuk memajukan ketepatan dan kefasihan dalam proses belajar mengajar. Selain itu, guru juga bias mengatasi masalah-masalah yang ada dalam memajukan ketepatan dan kefasihan siswa dalam proses belajar dan mengajar. Untuk peneliti-peneliti yang akan dating, sangat diharapkan untuk menkreasikan banyak kegiatan-kegiatan yang menyenangkan untuk memajukan ketepatan dan kefasihan dalam berbicara.
ABSTRACT
Roosdianna, Fikriya Fahmi.2019. Accuracy and of Speaking Ability in the Eyes of Teacher. Thesis. Language and Literature Education Program. Post Graduate of State University of Surabaya. Advisor: Ahmad Munir, Ph.D. ,Syafiul Anam, Ph.D.
.
Keywords : EFL Teacher, Senior High School, Speaking, Accuracy and Fluency,
Speaking is seen as the benchmark of students’ success in their language learning. This success refers to use English accurately and fluently to communicate with others, so accuracy and fluency are very important. In particular, this research was an attempt to answer: (1) How does the teacher perceive the notion of accuracy and fluency in her classroom practice? (2)How does the teacher promote accuracy and fluency in her classroom? (3) How does the teacher cope with the problems of promoting accuracy and fluency in her classes?
This study was qualitative research. There was only one teacher involved as the subject of the study. She was selected to be the subject as she qualified the criteria. The study was carried out in a Senior High School in Surabaya, East Java. It was a private, Islamic based school. The data was gathered through interview and classroom observation.
The results of the study disclosed three prominent points. First, the teacher perceives that environment in classroom teaching, intonation, and feedback are important aspects to support accuracy and fluency, the teacher uses oral feedback and Think Pair Share Strategies to promote students’ accuracy and fluency, and the last is the teacher uses the technique of limiting the time and controlling the class when she has problems in promoting accuracy and fluency.
Finally, it can be concluded that the teacher has effective ways to promote accuracy and fluency in teaching and learning process. Moreover, the teacher coped with the problems in promoting accuracy and fluency in teaching and learning process. For further researcher, it suggested to create many interesting activities in promoting accuracy and fluency.