Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil pembelajaran fisika menggunakan kit praktikum pada materi listrik dinamis untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan desain penerapan Control Group Pretest Postest Design. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen yaitu XI IPA 2 dan kelas kontrol yaitu XI IPA 3. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode obseravasi, tes, dan angket. Teknik analisis data adalah analisis validitas kit, analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis penilaian hasil tes menggunakan uji t-berpasangan, dan n-gain, analisis keterampilan proses, dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan proses sains peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan dengan n-gain kategori sedang, (2) penguasaan konsep peserta didik meningkat dengan n-gain kategori sedang, (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran fisika menggunakan kit praktikum sangat baik dengan persentase 75,68% Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan kit praktikum dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.
Kata Kunci: pembelajaran fisika, kit praktikum, keterampilan proses sains
Abstract
The aims of this study is to represent the result of physics learning uses practicum kit on the dynamic electricity to improve science process skills. The study is true experiment with control group pretest and posttest implements design. The participants included students from grade XI IPA 2 as experimental class and XI IPA 3 as control class. The data was collected from observation, test, and questionnaire. The data was analyzes using kit validity analysis, learning activities analysis, assessment of test result analysis with paired t-test and n-gain score, process assessment analysis, and response questionnaire. The result show that: (1) students’ science proccess skills increase significantly with n-gain score which categorized as medium level, (2) student’s understanding of the concept increase with n-gain score which categorized as medium level, (3) student’s response after physics learning uses practicum kit on the dynamic electricity in very good category with percentage reached 75,68% Based on the results, it can be concluded that learning uses practicum kit can improve student’s science process skills.
Keywords: physics learning, practicum kit, science process skills