The Use of Animated Video as a Media to Enhance Students’ Reading Comprehension in Narrative Text
Belajar Bahasa Inggris di sekolah adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap Bahasa Inggris dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Teks narasi adalah salah satu hal yang diajarkan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Teks narasi biasanya sangat panjang dan sering kali membuat siswa bosan dan malas untuk mempelajarinya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan siswa yang merasa bosan dan jenuh pada saat proses pembelajaran membaca teks narasi dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Siswa memerlukan alat yang dapat membantu mereka dalam memahami isi cerita dan menjawab pertanyaan yang diberikan. Sehingga video animasi adalah jawaban dari permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi penerapan penggunaan video animasi sebagai media untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks narasi, menginvestigasi kegunaan video animasi dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa dalam teks narasi, dan menemukan taggapan siswa tentang penerapan media tersebut dalam pembelajaran teks narasi. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan mengumpulkan data dari pengamatan dan wawancara di kelas X MIA 5 MAN Sidoarjo. Penemuan penelitian ini melaporkan bahwa penggunaan video animasi dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks narasi berperan secara positif karena media ini dapat mempermudah mereka menemukan isi cerita dan membantu mereka menjawab pertanyaan tentang pemahaman membaca. Mereka juga sangat menyukai media ini karena dapat membantu mereka dalam menggambarkan kejadian-kejadian dalam cerita tersebut. Oleh karena itu, video animasi adalah media yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks narasi.
Kata Kunci: video animasi, pemahaman membaca, teks narasi.
Learning English in schools is improving students' understanding of English and applying it in daily life. One of the activities taught in English is narrative text. Narrative texts are usually very long and often make students bored and lazy to learn them. This study is based on the students’ needs who feel bored during reading narrative text in English. Students need a tool that can help them comprehend the story and answer the questions given. The animated video is the answer to this problem. The objectives of this study were to investigate the implementation of animated video as a medium to enhance students’ reading comprehension in narrative text, to use the animated video to enhancing students’ reading comprehension in narrative text, and to know students’ perceptions about the implementation of this medium in learning narrative text. A qualitative approach was used in this study by collecting data from observation and interviews at X MIA 5 MAN Sidoarjo. This study reported that using animated video to enhance students’ reading comprehension in narrative text played a positive role because it could make it easier for them to find the story's content and help them answer reading comprehension questions. They also really like the medium because it allows them to describe the chronological events in the story. Therefore, animated video is a suitable medium to enhance students’ reading comprehension in narrative text.
Keywords: animated video, reading comprehension, narrative text.