PROFIL BERPIKIR RELASIONAL PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
PROFILE OF STUDENTS' RELATIONAL THINKING IN SOLVING CONTEXTUAL PROBLEM IN REVIEW FROM COGNITIVE STYLE
ABSTRAK
Nikmarocha. 2021. Profil Berpikir Relasional Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Di Tinjau dari Gaya Kognitif. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dwi Juniati, M. Si., dan (II) Dr. Pradnyo Wijayanti, M. Pd.
Kata Kunci: Berpikir relasional, masalah kontekstual, gaya kognitif
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil berpikir relasional peserta didik bergaya kognitif field independent dan field dependent dalam memecahkan masalah kontekstual. Terdapat tujuh rombongan belajar pada kelas VII MTsN 1 Kota Surabaya dan dipilih dua peserta didik laki-laki dari kelas VIIA yang berjumlah 40 peserta didik sebagai subjek berdasarkan hasil tes gaya koginitif GEFT dan kemampuan matematika setara. Peserta didik yang mendapat skor GEFT ≤ 9 digolongkan field dependent (SFD) dan field independent (SFI) mendapatkan skor > 9. Subjek bergaya kognitif field independent yang dipilih dengan skor 11, subjek bergaya kognitif field dependent dengan skor 7 dengan hasil TKM yaitu 77 dan 82. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan TPM dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Data yang valid diperoleh melalui triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memahami masalah, peserta didik SFI dan SFD menemukan unsur-unsur penting dalam masalah yang diberikan. Peserta didik SFI menjelaskan hubungan antara unsur-unsur dalam masalah sedangkan peserta didik SFD tidak dapat menjelaskan. Peserta didik SFI dan SFD membangun hubungan dalam menentukan strategi perencanaan penyelesaian dan memeriksa kembali menggunakan operasi hitung dan melaksanakan rencara yang dibuat. Peserta didik SFI memecahkan masalah menggunakan cara lain sedangkan peserta didik SFD menggunakan cara seperti pada umumnya. Peserta didik SFI melakukan peghitungan ulang sedangkan peserta didik SFD menghitung balik dengan cara substitusi.
ABSTRACT
Nikmarocha. 2021. Profile of Students' Relational Thinking in Solving Contextual Problems in Review from Cognitive Style. Thesis, Mathematics Education Study Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Supervisor: (I) Prof. Dr. Dwi Juniati, M. Si., and (II) Dr. Pradnyo Wijayanti, M. Pd.
Keywords: Relational thinking, contextual problems, cognitive style
This study aims to describe the relational thinking profile of students with field independent and field dependent cognitive styles in solving contextual problems.There are seven study groups in class VII MTsN 1 Surabaya City and two male students from class VIIA totaling 40 students were selected as subjects based on the results of the GEFT cognitive style test and equivalent mathematical ability. Students who got a GEFT score ≤ 9 were classified as field dependent (SFD) and field independent (SFI) got a score > 9. Subjects with field independent cognitive style (SFI) were selected with a score of 11, subjects with field dependent cognitive style (SFD) with a score of 7 with TKM results, namely 77 and 82. Data collection techniques in this study used TPM and interviews. Data analysis was carried out by means of data reduction, presentation and conclusion drawing. Valid data obtained through time triangulation.
The results showed that in understanding the problem, FI and FD students foundimportant elements in a given problem.Learners FI describes the relationship between the elements in the problem while pstudents FD can not explain. Learners FI and FD build relationships in determining the completion planning strategy and checking again using arithmetic operations and carrying out the plan made. Learners FI solves the problem using another method while learners FD uses the usual way. Learners FI do the recalculation while pstudents FD counts back by way of substitution.