PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN LITERASI DATA SISWA
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan literasi data siswa setelah dilatih dengan pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media Canva. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design dengan melibatkan 24 siswa kelas VII di salah satu SMP di Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, tes tulis, dan survei. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan persentase keterlaksanaan pembelajaran, statistik deskriptif, normalized gain, visualisasi scatterplot, serta persentase angket respons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model Learning Cycle 7E terlaksana seluruh tahapan dan diperoleh persentase aktivitas pembelajaran dengan instruksi aktif yang lebih dominan. Keterampilan literasi data siswa meningkat dengan kriteria tinggi. Respons siswa terhadap pembelajaran dengan model Learning Cycle 7E berbantuan media Canva mendapat persentase dengan tingkat persetujuan sangat setuju dengan kriteria tiap indikator. Berdasarkan pemaparan tersebut meskipun terdapat keterbatasan, dapat disimpulkan bahwa keterampilan literasi data siswa dapat dilatihkan dengan pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media Canva.
Kata Kunci: Learning Cycle 7E, Canva, Keterampilan Literasi Data
This study aimed to describe students data literacy skills after being trained with Learning Cycle 7E assisted by Canva media. This research used a one-group pretest-posttest design involving 24 students in 7th grade at one Junior High School in Surabaya City. Data were collected using percentage of learning implementation, descriptive statistics, normalized gain, scatterplot visualization, and rate of response questionnaire. The results showed that learning with the Learning Cycle 7E model was carried out in all phases and obtained a percentage of learning activities with active instruction more dominant. Students data literacy skills increased with high criteria. Students responses to learning with Learning Cycle 7E model assisted by Canva media received a percentage with a level of agreement that strongly agreed with the requirements for each indicator. Based on the findings, although there are limitations, it can be concluded that the students data literacy skills can be facilitated with Learning Cycle 7E assisted by Canva media.
Keywords: Learning Cycle 7E, Canva, Data Literacy Skills