PENERAPAN STRATEGI GIST UNTUK MENGAJARKAN KEMAMPUAN MEMBACA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
THE IMPLEMENTATION OF GIST STRATEGY TO TEACH READING COMPREHENSION IN SENIOR HIGH SCHOOL
Untuk mengajar siswa dalam pendalaman pemahaman membaca, guru seharusnya memilih cara yang tepat untuk mencapai tujuan mereka dalam pencapaian pemahaman membaca dengan memahami isi dari sebuah teks dengan baik. Tujuan utama dari membaca adalah untuk menemukan pikiran utama dari apa yang telah murid baca, untuk menghasilkan berfikir kritis dalam membaca, juga untuk menulis ringkasan mereka berdasarkan sebuah teks bacaan. Oleh karena itu, dengan menggunakan strategi yang tepat saat proses pembelajaran, itu diyakini akan membantu siswa untuk meningkatkan pemahaman membaca mereka. Kemudian, GIST (Generating Interaction between Schemata and Text) strategi adalah sebuah strategi belajar untuk mengajar siswa dalam memahami teks bacaan yang pantas untuk siswa saat proses pembelajaran. Disamping itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan penerapan GIST strategi dan hasil setelah menggunakan GIST strategi selama proses pembelajaran. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi terhadap 36 partisipasi dari SMA di Tuban. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan GIST strategi didalam teks eksplanasi membantu siswa dalam pemahaman teks bacaan dengan baik. Itu dapat terlihat dari hasil tugas membaca siswa setelah menerapkan GIST strategi dan data dianalisis dengan menggunakan ESL Composition Profile dengan pertimbangan bahwa tugas dalam bentuk rangkuman berdasarkan kata-kata mereka sendiri terhadap teks bacaan.
Kata Kunci: pemahaman bacaan, strategi GIST
In order to teach students in reading comprehension, the teachers should choose the right way to achieve their goal in students' reading achievement by understanding the content of the text well. The main purpose of reading is to find the main idea of what the students have read, create their critical thinking in reading, and write their summary towards reading text. Therefore, by using the suitable strategy while teaching and learning processes, it is believed that would help the students to enhance their reading comprehension. Then, the GIST (Generating Interaction between Schemata and Text) strategy is a learning strategy to teach students to comprehend a reading text suitable for the students while teaching and learning processes. On the other hand, this study aims to find out the implementation of the GIST strategy and the result after using the GIST strategy during teaching and learning processes. The data of this study gained through observation toward 36 participants of senior high school students in Tuban. The result showed that implementing the GIST strategy in explanation reading text help the students in comprehending explanation reading text well. It can be seen in the student's reading task result after applying the GIST strategy. It was analyzed by using ESL Composition Profile, considering that the task was in the form of a summary based on their own words towards the reading text.
Keywords: reading comprehension, GIST strategy