EFEKTIVITAS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES DENGAN STRATEGI MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR
THE EFFECTIVENESS OF SOCIO SCIENTIFIC ISSUES WITH MIND MAPPING STRATEGY ON STUDENTS' LEARNING OUTCOMES ON HEAT MATERIAL
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dengan mengimplementasikan socio scientific issues dengan strategi mind mapping. Jenis penelitian menggunakan pre-experimental design dengan rancangan one grup pretest-posttest design. Sampel penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas VII-F SMP Negeri 14 Gresik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respons siswa, dan penilaian tes. Hasil penelitian ini, yaitu: (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan socio scientific issues dengan strategi mind mapping pada setiap tahapan mendapatkan kategori sangat baik; (2) penerapan socio scientific issues dengan strategi mind mapping mendapatkan respons dengan kategori sangat baik; (3) hasil belajar pada aspek pengetahuan menunjukkan adanya peningkatan yang dibuktikan oleh nilai rata-rata N-gain dengan kategori tinggi.
Kata Kunci: Socio Scientific Issues, Mind Mapping, Hasil Belajar
This study aims to describe student learning outcomes in the knowledge aspect by implementing the socio scientific issues method with a mind mapping strategy. This type of research uses a pre-experimental design with a one-group pretest-posttest design. The sample of this study consisted of 32 students of class VII-F of SMP Negeri 14 Gresik. Data was collected using instruments in the form of learning implementation observation sheets, student response questionnaire sheets, and test assessments. The results of this study, namely: (1) the implementation of learning with the socio scientific issues method with a mind mapping strategy at each stage got a very good category; (2) the application of the socio scientific issues method with the mind mapping strategy received a very good response; (3) learning outcomes in the knowledge aspect showing increase as evidenced by the N-gain average value in the high category.
Keywords: Socio Scientific Issues, Mind Mapping, Learning outcomes