Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran STAD yang berdampak pada perubahan secara konsisten
dari motivasi dan hasil belajar peserta didik yang meliputi sikap, pengetahuan
dan keterampilan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan pretest-posttest control group design . Sampel dalam
penelitian ini adalah peserta didik MTs kelas VIII yang ditentukan secara
random. Kelompok eksperimen mendapat pengajaran menggunakan model STAD
dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Kedua kelas
penelitian diukur motivasi dan hasil belajar (sikap, pengetahuan, dan
keterampilan). Data yang diperoleh diuji menggunakan Independent sample t-test
untuk melihat perbedaan di kedua kelas penelitian dan Paired sample t-test
untuk melihat perbedaan dari pretest dan posttest hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua
kelas penelitian mengalami perubahan secara positif pada motivasi dan hasil
belajar peserta didik. Pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan model
pembelajaran STAD menunjukkan motivasi dan hasil belajar yang lebih baik
dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Penilaian akhir menunjukkan
bahwa motivasi belajar peserta didik dengan nilai Sig. (2-tailed)
0,003<0,05 artinya terdapat perbedaan signifikan. Nilai sikap di akhir
pembelajaran menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,030<0,05 yang artinya
terdapat perbedaan siginifikan, nilai posttest pengetahuan menunjukkan Sig.
(2-tailed) 0,000<0,05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan. Nilai
keterampilan di akhir pembelajaran menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,023
<0,05 yang artinya terdapat perbedaan siginifikan. Adanya perbedaan
signifikan menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran STAD
terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Adanya pengaruh model
pembelajaran yang diterapkan juga dilihat berdasarkan perhitungan pretest
dan posttest yang menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,000<0,05 yang
artinya terdapat perbedaan signifikan.
Berkaitan
dengan tujuan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran
STAD berpengaruh signifikan yang berdampak pada perubahan motivasi dan
hasil belajar peserta didik yang meliputi sikap, pengetahuan dan keterampian
secara konsisten atau berkelanjutan.